Ditjen Perbendaharaan Ajak Insan Perbendaharaan Dukung Transformasi

249 dibaca

▪︎KALSEL-POSMONEWS.COM,-
Ditjen Perbendaharaan tengah menjalani transformasi yang signifikan dengan tujuan meningkatkan posisi dan kompetensi.

Transformasi ini mencakup pergeseran dari fungsi tradisional pembayaran menuju peran yang lebih kompleks, seperti Regional Chief Economist (RCE) dan Financial Advisor (FA).

Langkah ini meningkatkan kompetensi seluruh pegawai Perbendaharaan melalui berbagai kegiatan yang telah diimplementasikan untuk mendukung peran baru DJPb.

“Fungsi treasury pada DJPb saat ini makin sedikit. DJPb melakukan transformasi yang ditandai oleh pergeseran dari fungsi pembayaran (bendahara) menjadi peran yang lebih kompleks sebagai RCE dan FA. Oleh karenanya penting untuk seluruh pegawai Perbendaharaan meningkatkan kompetensi,” ungkap Dirjen Perbendaharaan Astera Primanto Bhakti pada kunjungan kerja ke Kalimantan Selatan, Selasa (14/11).

Didampingi Sekretaris Direktorat Jenderal Perbendaharaan dan Kepala Kantor Wilayah DJPb Provinsi Kalsel, pada rangkaian kunjungan kerja di Kalsel hingga Rabu (15/11), Dirjen Perbendaharaan mendatangi beberapa kantor vertikal yaitu Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Pelaihari, Kantor Wilayah DJPb Provinsi Kalimantan Selatan, dan KPPN Banjarmasin.

Dirjen Perbendaharaan mengajak seluruh Insan Perbendaharaan untuk terus bersemangat dalam mendukung transformasi yang sedang berlangsung karena dapat meningkatkan level kompetensi yang dimiliki.

Dalam arahannya, Dirjen Perbendaharaan menyampaikan apresiasi atas kerja keras insan Perbendaharaan yang telah mendukung pertumbuhan ekonomi positif selama tahun 2023 melalui sisi spending (belanja) pemerintah. Belanja pemerintah menjadi salah satu faktor pendorong pertumbuhan ekonomi yang baik.

Dirjen Perbendaharaan juga menekankan pentingnya semangat dan dedikasi dari semua pejabat dan pegawai untuk memastikan bahwa DJPb dapat berfungsi sebagai tulang punggung Kementerian Keuangan.

Adapun para pegawai muda yang saat ini mendominasi Kanwil dan KPPN harus memiliki semangat dan terus belajar sebagai modal yang kuat untuk maju dengan lebih cepat dan tetap menjaga integritas.▪︎(Agus/Sam)