Bendungan Leuwikeris Jabar Diklaim Tahan Gempa 9 SR

218 dibaca

▪︎Rampung Akhir 2023 Habiskan Dana Rp 2,8 Triliun

▪︎JABAR – POSMONEWS.COM,-
Mega proyek pembangunan Bendungan Leuwikeris di Kabupaten Tasikmalaya dan Ciamis, Jawa Barat ini menghabiskan dana Rp. 2,8 triliun.

Dengan biaya pembangunan yang tidak sedikit, Bendungan Leuwikeris ini memiliki bangunan sangat kokoh. Pembangunan Bendungan Leuwikeris merupakan salah satu Program Strategis Nasional Sumber Daya Air.

Bendungan Leuwikeris mulai dibangun sejak tahun 2016, dengan melalui lima paket pekerjaan.

Paket 1, dikerjakan oleh PT Pembangunan Perumahan dan PT Bahagia Bangun Nusa KSO, dengan anggaran Rp 867 milliar yang terdiri dari bendungan utama dan bangunan fasilitas.

Paket 2, dikerjakan oleh PT Waskita Karya dan PT Adhi Karya KSO dengan biaya sekitar Rp 461,8 milliar, yang mencakup dari bangunan pelimpah, hidromekanikal dan elektrikan hingga bangunan pengelak.

Paket 3, dikerjakan oleh PT Hutama Karya (Persero) dengan anggaran Rp 385,2 miliar, untuk pengerjaan pembangunan terowongan pengelak dan jalan akses.

Paket 4, dikerjakan oleh Waskita, Hutama Karya, dan PT Basuki Rahmanta Putran KSO, dengan dana sekitar Rp 804,3 miliar, yang mencakup dari pengerjaan acces road, plugging terowongan pengelak hingga penunjang OP.

Sedangka Paket 5, dikerjakan oleh Waskita dan Adhi Karya dengan anggaran Rp 289,73 miliar, untuk membangun terowongan pengelak, bangunan pengambilan hingga Jembatan Cikembang.

Bendungan tersebut mampu menampung air hingga 43,35 juta meter kubik, dan mampu mensuplai irigasi seluas 11,216 hektar di Kabupaten Ciamis dan Cilacap.

Bendungan Leuwikeris memiliki ketinggian hingga 83,5 meter dan panjang 8 kilometer, sehingga diklaim tahan terhadap gempa yang berkekuatan besar.

▪︎Tahan Gempa 9 SR

Dikutip dari laman resmi pu.go.id bahwa Bendungan Leuwikeris ditarget rampung akhir tahun 2023, Bendungan di Jawa Barat Klaim Tahan Gempa 9 SR, Pantas Telan Dana hingga Rp 2,8 triliun.

PPK Perencanaan Bendungan, Agung Setiawan, mengatakan bahwa timnya sudah melaksanakan RPD, simulasi, dan jika seandainya terjadi gempa dengan kekuatan 9 SR, maka bendungan akan tetap aman.

Adapun 5 manfaat yang didapatkan dengan adanya bendungan Leuwikeris, diantaranya;

1. Menyuplai air irigasi di Ciamis seluas 6.600 hektare dan di Cilacap seluas 4.616 hektare.

2. Menyediakan pasokan air baku sebanyak 845 liter per detik untuk Kota Banjar, Kabupaten Tasikmalaya dan Ciamis.

3. Akan mereduksi banjir sebesar 11,7 persen dari 507,7 meter kubik per detik menjadi 450,02 meter kubik per detik.

4. Menjadi sumber daya listrik untuk PLTA hingga 20 MW.

5. Menjadi destinasi wisata yang baru. Bendungan Leuwikeris di Jawa Barat yang membentang di Kabupaten Tasikmalaya dan Ciamis. Tidak heran jika bendungan ini memiliki bangunan yang kokoh sehingga tahan gempa hingga guncangan 9 SR.▪︎[FEND]