OSIS SMP PGRI 1 Buduran Gelar Giat Kepahlawanan

172 dibaca

▪︎SIDOARJO – POSMONEWS.COM,-
OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) SMP PGRI 1 Buduran menggelar kegiatan ‘kepahlawanan’, dalam rangka memperingati Hari Pahlawan tahun 2023. Giat kepahlawanan itu berupa: upacara peringatan Hari Pahlawan, tarian kepahlawanan, cerdas-cermat wawasan kebangsaan dan sejarah kepahlawanan, history story telling, puisi kepahlawanan, teatrikal drama peristiwa pertempuran 10 November tahun 1945.

Pagi hari itu, Jum’at, tanggal 10 November 2023. Para pengurus OSIS SMP PGRI 1 Buduran mulai sibuk menyiapkan tempat-tempat kegiatan untuk lomba dalam rangka peringatan Hari Pahlawan tahun 2023.

Upacara dilaksanakan di halaman sekolah, dengan pembina upacara Kepala SMP PGRI 1 Buduran, Indrajayanti Ratnaningsih, S.Si, M.Pd. Dengan petugas upacara para pengurus OSIS SMP PGRI 1 Buduran.

Dalam sambutannya, Kepala SMP PGRI 1 Buduran, Indrajayanti Ratnaningsih, S.Si, M.Pd mengatakan, dengan memperingati Hari Pahlawan ini, sudah semestinya para peserta didik meningkatkan rasa syukurnya. Sebab, dengan perjuangan para pahlawan-lah, sekarang bisa aman dan nyaman belajar dan bersekolah. Tidak seperti pada saat zaman penjajahan kolonial Belanda dan Jepang.

“Pesan khusus saya kepada para peserta didik, isilah kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan tersebut dengan belajar yang rajin dan semangat, serta kegiatan-kegiatan yang positif lainnya. Di antaranya dengan meneladani jiwa perjuangan para pahlawan tersebut,”katanya.

Upacara berakhir, dilanjutkan dengan penampilan tari oleh peserta didik, dengan judul “Kang Potro”. Yang menggambarkan orang yang selalu giat dan rajin bekerja. Gerakan-gerakan tari yang lucu membuat para penonton tidak bisa menahan tawa, sehingga bisa juga menjadi tontonan yang menghibur.

Demikian pula, teatrikal drama peristiwa perang di Surabaya. Mulai dari kisah sepasang kekasih yang harus terpisah karena harus bertempur dan keadaan rakyat jelata yang menjadi korban perang. Ditunjukkan perobekan bendera Belanda di Hotel Yamato pada tanggal 19 September 1945. Orasi Bung Tomo (Soetomo) yang mengobarkan semangat pertempuran para pejuang RI.

Juga, peristiwa pertempuran pada tanggal 10 November 1945.
OSIS SMP PGRI 1 Buduran mengambil tema dari pemerintah: “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”. Lomba membaca puisi, yang membawakan puisi berjudul “Pahlawan Tak Dikenal”, karya Toto Sudarto Bachtiar, dengan hasil: Juara 1 kelas VII E, Juara 2 kelas VII B, dan Juara 3 kelas VII A.

Lomba Cerdas-Cermat yang berisi soal-soal: Pancasila, UUD Negara RI Tahun 1945, pengetahuan sosial, peristiwa Hari Pahlawan, dengan hasil: Juara 1 kelas VIII B, Juara 2 kelas VIII C, dan Juara 3 kelas VIII A. Adapun Lomba History Story Telling, dengan hasil: Juara 1 kelas IX A, Juara 2 kelas IX C, dan Juara 3 kelas IX D.
▪︎(Koesmoko, Humas SMP PGRI 1 Buduran)