Pertemuan Percepatan Penanganan Darurat Bencana Banjir Lahar Dingin

608 dibaca

▪︎Ada 18 Obyek Infrastruktur dan Sarana Umum  Mengalami Kerusakan

▪︎JATIM-POSMONEWS.COM,-
Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto S.Sos., M.M., menerima kunjungan kerja Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim), diwakili oleh Sekda Provinsi Jatim, Adhy Karyono, Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, Plh. Kepala BPBD Provinsi Jawa Timur, Andhika N. Sudigda, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lumajang, Patria Dwi Hastadi, Sekretaris Dinas PUSDA Jatim dan Kepala Dinas PUPR Kabupaten Lumajang di Gedung Graha BNPB, Jakarta Timur, Selasa (11/7).

Dalam pertemuan itu, Pemerintah Provinsi Jawa Timur khususnya Kabupaten Lumajang meminta dukungan dan arahan Kepala BNPB dalam kaitan percepatan penanganan darurat bencana tanah longsor dan banjir lahar dingin Gunungapi Semeru yang melanda wilayah Kabupaten Lumajang, Jumat (7/7).

Dalam paparannya, Bupati Lumajang mengatakan bahwa penanganan darurat sudah dilaksanakan dengan baik dan sampai hari ini tidak ada kendala. Namun, Bupati merinci bahwa hingga saat ini ada 18 obyek infrastruktur dan sarana umum yang mengalami kerusakan.

Pada prinsipnya, Kepala BNPB secara penuh mendukung upaya-upaya yang diusulkan dalam penanganan darurat hingga pemulihan berdasarkan kebutuhan warga terdampak. Pada implementasinya nanti, Kepala BNPB berpesan agar Pemerintah Kabupaten Lumajang bersama Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan unsur forkopimda dapat merinci secara detil segala dampak kerusakan di lapangan termasuk semua kebutuhan maupun rencana tindak lanjut yang akan dilaksanakan.

Terkait rencana rehabilitasi dan rekonstruksi 18 obyek infrastruktur, Kepala BNPB meminta agar inventarisasi kebutuhan dan pelaksana agar jelas sesuai ketentuan, sehingga tidak tumpang tindih pekerjaan antar lintas sektor.

Turut hadir mendampingi Kepala BNPB dalam rapat tersebut, Plt. Sekretaris Utama BNPB Rustian, Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Fajar Setiawan, Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB Jarwansyah, Kapusdatinkom BNPB Abdul Muhari, Kapusdalops BNPB Bambang Surya Putra dan Kepala Biro HOKS BNPB Irma Rismayati.▪︎(Al/Feb/AHM)