Kanwil Kemenkumham Sumut Hadiri Kegiatan Peningkatan Layanan AHU

525 dibaca

▪︎BALI – POSMONEWS.COM,-
Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan dan inovasi Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (AHU) khususnya pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM, maka Ditjen AHU mengadakan kegiatan Peningkatan Layanan AHU dari tanggal 24 sampai dengan 27 Mei 2023 bertempat di Sakala Resort Bali.

Pembukaan kegiatan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 24 Mei 2023, dengan Sekretaris Direktorat Jenderal AHU M. Aliamsyah dalam laporannya menyatakan guna mendekatkan layanan AHU ke pemohon di seluruh wilayah Indonesia, Ditjen AHU membentuk helpdesk di setiap Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM. Keberadaan helpdesk di wilayah ini diharapkan dapat membantu para pengguna layanan AHU untuk lebih mudah melakukan konsultasi tatap muka, terlebih lagi dalam melakukan pencetakan sertifikat Apostille dan kedepannya Kantor Wilayah sudah dapat melaksanakan pencetakan sertifikat Apostille sehingga masyarakat tidak perlu lagi melakukan pencetakan di Jakarta.

Sebagai laporan, sejak diluncurkan pada Juni 2022, terdapat setidaknya 103.591 (seratus tiga ribu lima ratus sembilan puluh satu) permohonan layanan Apostille. Dalam kegiatan ini juga akan didistribusikan kelengkapan barang guna pelaksanaan layanan Apostille di wilayah, setelah sebelumnya telah didistribusikan perangkat komputer dan printer ke masing-masing wilayah.

Diharapkan saat kembali bertugas di kantor wilayahnya masing-masing, ilmu dan perangkat yang diterima dari kegiatan ini dapat diterapkan dan dipergunakan guna memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat sesuai dengan apa yang diharapkan.

Selanjutnya kegiatan dibuka secara langsung oleh Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum Cahyo Rahadian Muzhar. Dirjen AHU menyatakan bahwa keberadaan Helpdesk Layanan AHU di wilayah sebagai ujung tombak pelayanan sehingga harus didukung oleh petugas yang handal, smart dan berkompeten dalam bidang tugasnya sehingga dapat menguasai seluruh jenis layanan AHU.

Pada hari kedua kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi dari narasumber yang berasal dari Bank Negara Indonesia (BNI), Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Bank Mandiri terkait dengan pelayanan prima dan Kementerian Agama Republik Indonesia.

Acara juga akan dilanjutkan dengan sesi demo aplikasi Layanan AHU serta praktek pencetakan sertifikat Apostille. Peserta kegiatan berjumlah 139 orang yang melibatkan Pejabat dan Staf/Petugas Helpdesk Layanan AHU di Wilayah. Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Pelayanan Hukum Yulius Manurung dan Kepala Subbidang Pelayanan AHU Surya Darma beserta 3 (tiga) orang Helpdesk Layanan AHU.▪︎(Febr/AHM)