Cak Sis Janjikan Kemudahan Pendidikan dan Kesehatan

218 dibaca

▪︎SURABAYA-POSMONEWS.COM,-
Seluruh anggota DPRD Kota Surabaya kembali menggelar reses di daerah pemilihannya masing-masing. Ini merupakan masa reses tahun keempat masa persidangan kedua tahun anggaran 2023.

Pada kesempatan ini, Anggota Komisi D DPRD Surabaya, Cahyo Siswo Utomo,S.T. atau yang akrab disapa Cak Sis, mengawali reses di gedung serbaguna RW. 03 Dk. Karangan, Kel. Babatan, kec. Wiyung Surabaya, Selasa (31/1) pukul 19.00 WIB.

Di depan warga, tamu undangan, pengurus RW RT, LKMK, PKK dan staf. Cak Sis sapaan akrab menyampaikan bahwa dirinya mempunyai progran yang sesuai dengan partai PKS yang di usungnya.

“PKS ini bukan Partai Keadilan Sejahtera, tetapi PKS ini P= Pendidikan, K= Kesehatan, S= Sosial. Jadi PKS partai yang saya usung dan juga program saya di dewan kota,” ungkapnya.

Kepada posmonews.com, Cak Sis mengungkapkan meskipun lingkup kegiatannya berada di Surabaya, tetapi dia akan memperjuangkan warga dalam mendapat pendidikan yang saat ini dalam sistem zonasi, Afirmasi, Prestasi dan jalur perpindahan.

“Untuk pendidika siswa ada 4 jalur yang harus nya bisa di coba. Dua diantaranya prestasi dan zonasi. Terkait Zonasi SMP ke SMA itu kewenangan dinas pendidikan Provinsi. Tapi saya masih memperjuangkan agar zona penerimaan siswa di perluas,” tegasnya.

Tidak hanya menawarkan pendidikan, Cak Sis juga menawarkan pelatihan untuk wirasuwasta dna juga kesehatan.

“BPJS itu ada dua macam…jalur mandiri dan juga jalur pemerintah. Kalau jalur mandiri kita bisa memilih kelas dan bisa menaikan kelas. Sedanhkan untu jalur pemerintah, itu untuk kelas tiga. BPJS yang biayai pemerintah kota, pakek anggaran daerah. Itu harusnya warga yang tidak mampu bisa memanfaatkan untuk kesehatan,” jalasnya.

Bak gayung bersambut, tentu saja program yang disampaikan Cak Sis itu mendapat sambutan hangat oleh warga dan pengurus yang hadir. Bahkan, tidak hanya pendidikan dan kesehatan, banyak juga warga yang mengutarakan aspirasinya terkait pembangunan sarana olah raga dan juga gorong-gorong, agar tidak banjir saat hujan.

“Kami dukung pemerintah kota untuk hal itu,
Karenanya, nanti aspirasi ini kita sampaikan kepada pemerintah kota. Agar bisa di setujui. Kita akan perjuangkan disana. Semua demi kepentingan warga,” jelasnya.

Oleh karena itu, Cak Sis berharap anggota DPRD Kota Surabaya yang sedang melaksanakan kegiatan reses agar bisa meneruskan usulan pengurus RT kepada pemerintah kota.

Semantara itu, Isnanto, Ketua RW 03 mengatakan kepada ppsmonewa.com bahwa acara ini merupakan salah satu agenda anggota dewan dalam menyampaikan program kerjanya kepada warga. Sehingga warga tahu, kemana masyarakat melangkan bila terjadi kendala atau permasalahan di lapangan.

Ketua RT 08 RW 03, Djaenal mengatakan pengurus RT yang baru terpilih harus membantu pemerintah kota yang berkaitan dengan masalah pendataan warga.

“Kalau kami (pengurus RT) tanpa difasilitasi komputer yang berkaitan dengan link Dispendukcapil maka kami akan susah. Kami juga ajukan CCTV untuk kemanan warga,” ujar dia. ▪︎[HAR]