Pelantikan Formasi Pejabat Baru Pemkab Malang

1,290 dibaca

▪︎MALANG-POSMONEWS.COM,-
Bupati Malang, Drs. HM. Sanusi, MM. didampingi Wakil Bupati, Didik Gatot Subroto dan Ketua DPRD, Darmadji, TIM Penggerak PKK Kabupaten Malang, merotasi sejumlah pejabatnya Pratama. Pengukuhan dan pelantikan formasi pejabat baru tersebut dilangsungkan di Pendopo Peringgitan Kabupaten Malang Jl. KH. Agus Salim no. 7 Kota Malang, Sabtu (31/12/ 2022).

Dalam pelantikan ini sekitar 212 ASN yang dilantik dengan 11 Pejabat Tinggi Pratama, 25 Administrator, 77 Pengawas serta 99 jabatan fungsional. Sebanyak 7 (tujuh) jabatan pimpinan tinggi pratama eselon 2 yang dilakukan rotasi. Pertama adalah Pantjaningsih Sri Redjeki, yang semula sebagai Kepala Dinas Koperasi (Dinkop) UMKM menjadi Kepala Dinas Sosial (Dinsos).

Kemudian jabatan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat yang semula dijabat oleh Suwadji, kini digantikan oleh Dr. Racmat Hardijono yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik). Dan saat ini, jabatan Kepala Dispendik dijabat oleh Suwadji/tukar tempat.

Selain itu, Abdul Haris sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinsos, kini menduduki jabatan barunya sebagai Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan/Kembali sebelum ke dinsos. Menggantikan Atsalis Supriyanto, saat ini menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Perekonomian Setda Kabupaten Malang.

Selanjutnya, jabatan Kepala Dinkop UMKM saat ini dijabat oleh M. Hidayat, sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda). Dan selanjutnya Wahyu Kurniati, SS. MSi yang saat ini menjabat sebagai Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Malang, dari jabatan semula Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD).

Sedangkan Camat ada 6 orang diantaranya : Indra Gunawan semula Camat Jabung pindan menjadi Camat Pujon, Eno Imam Sapari yang semula Sekretaris Camat Pakis menjadi Camat Ngantang. Kasiyanto Semula Camat Pujon menjadi Camat Jabung, Sunardi Camat Ngantang menjadi Camat Bululawang. Ahmad Taufik Juniarto Kepala Sumber Daya Alam Sekda menjadi Camat Ngajum. Dan Nandang Jumantono semula Sekretaris Dinas Perhubungan menjadi Camat Pagak.

Bupati Malang HM. Sanusi mengatakan, Selamat bagi yang hari ini di Lantik untuk diambil sumpah jabatannya, rotasi jabatan merupakan salah satu prosedur rutin dalam rangka manajemen birokrasi. Yakni dengan memberikan suatu penugasan pada pejabat yang mempunyai tugas dan fungsi melalui promosi jabatan.

Untuk itu, dirinya berharap agar semua pejabat. “Ini sudah melalui proses penilaian yang komprehensif oleh tim yang diketuai Sekda melalui baperjakat. Penugasan ini sebuah kepercayaan (untuk) melanjutkan hal yang terbaik, intinya membantu pekerjaan dalam mewujudkan Malang Makmur sebagai mana Visi dan Misi Bupati dan Wabup,” ujar Sanusi.

Dirinya juga menegaskan, rotasi jabatan yang dilakukan di akhir tanggal dan tahun 2022 ini merupakan sebuah upaya untuk mempercepat pelayanan terhadap masyarakat. Apalagi, sebelum dilakukan rotasi, juga ada beberapa jabatan yang kosong. Ingsaalloh jabatan yang kosong akan terisi di bulan Pebruari 2023.

“Ya tentu diharapkan (kinerja) semakin baik dalam melayani publik. Pertimbangan dari baperjakat (badan pertimbanban jabatan dan kepangkatan) atau tim penilai kinerja. Pertimbangannya agar bisa lebih cepat bekerja dan setiap bulan akan ada evaluasi,” pungkas Sanusi. (Ahm/Dadang)