Tuan Rumah Jatim Peringkat Dua di Porwanas XIII 2022

530 dibaca

▪︎MALANG-POSMONEWS.COM,- Event Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIII yang digelar di Malang Raya pada 21 – 25 November 2022, secara resmi ditututup di GOR Cakrawala Universitas Negeri Malang, Jumat (25/11) malam.

Tuan rumah Jawa Timur yang menargetkan sebagai Juara Umum atau peringkat pertama masih harus bersabar karena hanya finish di urutan kedua. Pesohornya direngkuh oleh kontingen Jawa Barat yang keluar sebagai juara umum (Peringkat Pertama) Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIII 2022 yang digelar pada 21-27 November 2022 di Malang Raya ini.

Data yang dikutip media ini dari panitia Porwanas XIII, event ini diikuti 35 kontingen dari berbagai provinsi di Indonesia.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat H. Atal Sembiring Depari memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh stakeholder yang terlibat dalam gelaran pesta olahraga insan wartawan ini. Sebab, atas dukungan dan fasilitasnya Porwanas 2022 bisa digelar kembali setelah vakum selama enam tahun. Secara khusus, PWI Pusat mengapresiasi kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang telah memberikan dukungan penuh semenjak diumumkannya Provinsi Jatim sebagai tuan rumah Porwanas XIII 2022, hingga penyelenggaraan sampai penutupan.

“Saya sebenarnya merindukan sekali Ibu Gubernur Khofifah untuk menutup Porwanas ini. Kami ingin memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas dukungan penuh, sehingga Jawa Timur sukses sebagai tuan rumah dalam penyelenggaraan Porwanas XIII ini,” kata Atal Sembiring Depari dalam sambutannya sebelum menutup Porwanas XIII 2022.

Sementara itu Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Prov. Jatim Pulung Chausar yang mewakili Pemerintah Provinsi Jawa Timur, dalam sambutannya menyampaikan permohonan maaf karena Gubernur Jatim dan Wagub Jatim selaku Plt. Gubernur, tidak bisa hadir.

Gubernur dan Wagub menitipkan salam dan ucapan terimakasih atas terselenggaranya Porwanas XIII yang diselenggarakan di Jawa Timur, dari pembukaan sampai penutupan bisa berjalan kondusif dan lancar.

Gubernur Khofifah, kata Pulung, menyampaikan permohonan maaf jika dalam pelayanan seluruh rangkaian kegiatan ada yang belum maksimal. Pemprov Jatim juga merasa bangga sebagai tuan rumah Porwanas XIII ini setelah menunggu 32 tahun.

Sedangkan Ketua Pelaksana Porwanas XIII 2022 Jawa Timur Erwin Muhammad usai acara menambahkan, kontingen Jawa Barat tampil sebagai juara umum setelah mendapatkan perolehan sembilan medali emas, enam perak, dan empat perunggu.

Sedang Provinsi Jawa Timur mengantongi tujuh emas, tiga perak, dan empat perunggu. Urutan ketiga ditempati kontingen Kalimantan Tengah dengan tiga emas, dua perak, dan tiga perunggu. Disusul urutan keempat yang ditempati Provinsi Papua dengan perolehan dua medali emas, dan dua perunggu. Kemudian, Provinsi Lampung dengan satu emas, delapan perak, dan lima perunggu.

Sementara Kalimantan Selatan pada urutan keenam dengan memperoleh satu emas, tiga perak dan satu perunggu. Kemudian Kepulauan Riau satu emas, satu perak dan satu perunggu, serta Provinsi Bali, meraih satu emas, satu perak dan satu perunggu.

“DKI Jakarta berada di urutan sembilan dengan satu emas, dan enam perunggu. Dan urutan ke-10, Jawa Tengah dengan satu emas dan satu perunggu,” kata Erwin.

Ia berharap, pada penyelenggaraan Porwanas XIV para kontingen bisa kembali bertemu. Untuk saat ini, belum ada keputusan terkait siapa tuan rumah penyelenggaraan pekan olahraga untuk para wartawan tersebut.

“Belum ada keputusan, siapa yang menjadi tuan rumah Porwanas XIV. Beberapa daerah bisa mengajukan diri pada saat rapat kerja Seksi Wartawan Olahraga (SIWO),” pungkas Erwin.
▪︎[DANAR SP/AHM]