Giat Peningkatan Kemampuan Apkowil Tersebar 2022-Kodim 0812

137 dibaca

▪︎LAMONGAN-POSMONEWS.COM,-
Dalam rangka pembekalan serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan personel aparat Komando Kewilayahan dalam pelaksanaan pembinaan teritorial, Kodim 0812/Lamongan menggelar kegiatan peningkatan Kemampuan Apkowil Tersebar Tahun Anggaran 2022, Kamis (03/11/2022) di Aula Kadet Soewoko Kodim 0812/Lamongan.

Kegiatan yang mengambil tema “Melalui Kegiatan Peningkatan Kemampuan Apkowil Tersebar Kita Tingkatkan Profesionalisme Apkowil Dalam Mengimplementasikan Kegiatan Pembinaan Teritorial Untuk Membantu Pemerintah Daerah Dalam Meningkatkan Ekonomi Kerakyatan di Wilayah” ini dihadiri oleh Pabandya Puanter Kodam V Brawijaya Letkol inf Hasan Dasuki S. Sos, Kepala Staf Kodim 0812/Lamongan, Para Perwira Staf, Jajaran Danramil di Wilayah Kodim 0812/Lamongan serta segenap Babinsa Jajaran Kodim 0812/Lamongan.

Dalam sambutannya Dandim 0812/Lamongan Letkol Kav Endi Siswanto Yusuf yang diwakilkan Kepala Staf Kodim Mayor Chb Heroe Goettojo menyampaikan pada era saat ini, bangsa Indonesia sedang menghadapi berbagai tantangan nyata yang semakin kompleks diberbagai bidang kehidupan baik yang datang dari dalam negeri maupun dari luar negeri, seperti maraknya issu Demokrasi, Hak Azasi Manusia, Terorisme dan lingkungan hidup maupun munculnya gerakan separatisme serta konflik sosial lainnya.

“Disamping itu, pada tahun 2024 nanti, Indonesia akan menghadapi tahun politik karena itu bila dihadapkan dengan letak geografis wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan kondisi Idiologi, Politik, Ekonomi, Sosial budaya dan Pertahanan keamanan Negara Indonesia, maka hal tersebut dapat berkembang menjadi ancaman bagi keamanan dan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ucap Kasdim.

“Dalam kaitan dengan situasi dan kondisi bangsa Indonesia saat ini, sangat diperlukan kemampuan bagi para Apkowil untuk bersifat netral dan dapat mendeteksi secara dini terhadap berbagai dinamika yang terjadi di tengah masyarakat tersebut,” pungkas Mayor Chb Heroe.

Adapun pada saat memberikan materi, Pabandya Puanter Kodam V Brawijaya Letkol Inf Hasan Dasuki S. Sos mengatakan bahwa perkembangan teknologi merupakan tantangan tersendiri bagi Apkowil dalam menjalankan tugasnya.

“Kecanggihan teknologi bagai dua mata pisau. Jadi kita harus menggunakan dengan bijak. Kita harus mampu menjadi solusi dalam setiap kesulitan masyarakat, karena tantangan ke depan akan semakin berat dan kompleks. Maka dari itu, dibutuhkan Aparat Komando Kewilayahan yang handal,tangguh dan ulet,” kata Letkol Inf Hasan Dasuki S.Sos.

Melalui program kegiatan Peningkatan Kemampuan Apkowil yang dilaksanakan secara tersebar diharapkan para Apkowil dapat meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, dan kemampuan di bidang teritorial, tentang medsos, pengetahuan UMKM dan ekonomi kerakyatan serta teknologi terapan. Pembekalan yang diberikan kepada Apkowil didasarkan atas referensi serta disesuaikan dengan perkembangan situasi dan kondisi tanah air saat ini.▪︎[DANAR SP]