MTs ASSA’ADAH II Sabet Juara Umum Ajang SMADA Muslim Competition

563 dibaca

▪︎SURABAYA-POSMONEWS,-
Prestasi membanggakan diraih kontingen MTs Assa’adah II, Sampurnan, Bungah, Gresik, Jawa Timur, berhasil meraih juara umum pada ajang SMADA MUSLIM COMPETITION (SMC) yang diselenggarakan SMAN 2 Surabaya, pada 8 Oktober 2022 lalu.

Kegiatan tersebut melombakan tahfidz tingkat SMP dan SMA, tartil SMP dan SMA, da’i SMP dan SMA, serta kaligrafi. Lomba itu diikuti perwakilan SMP, MTs dan SMA, MA dan SMK se-Provinsi Jawa Timur.

Menurut Kepala MTs. Assa’adah II, Senidi Arif, SAg. mengungkapkan bahwa kontingen MTs Assa’adah II sangat unggul dengan mendapatkan juara pada beberapa cabang. Di antaranya; Juara I Tahfidz diwakili Mayashofa Robi’atul Adawiyah, Juara I Da’i diwakili Nayla Robiatul Adawiyah K, dan Juara II Tartil diwakili Nihayatul Mas’udah.

“Alhamdulillah, ini prestasi cukup membanggakan bagi MTs Assa’adah II dan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung tercapainya prestasi anak-anak didik kami,” ungkap Senidi Arif.

Lebih jauh Senidi Arif menjelaskan,
Smada Muslim Competition (SMC), merupakan salah satu kegiatan bagi pelajar muslim SMP, MTs dan SMA, MA dan SMK se-Provinsi Jawa Timur. Kegiatan tersebut berguna untuk melatih jiwa agar semakin berkomitmen dalam berkompetisi dalam kebaikan melalui berbagai kompetisi pelajar muslim, dan juga meningkatkan semangat ukhuwah islamiyah.

“Kegiatan SMC ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan pelajar muslim SMAN 2 Surabaya,” katanya.

Menurutnya, beberapa ajang kompetisi yang dilombakan di tingkat Provinsi Jawa Timur ini adalah:

1. Da’i, merupakan perlombaan individual berupa syi’ar atau penyampaian dakwah dalam bentuk lisan untuk mengajak orang lain berbuat kebaikan dan mengamalkan ajaran Islam. Untuk lomba da’i sasaran pesertanya adalah siswa-siswi SMP/MTs sederajat dan SMA/SMK/MA sederajat.

2. Kaligrafi, merupakan jenis perlombaan secara individual berupa seni menulis indah ayat-ayat Alquran menekankan kebenaran dan keindahan tulisan menurut kaidah yang berlaku. Pada lomba kaligrafi ini sasaran pesertanya adalah siswa-siswi SMP/MTs sederajat dan SMA/SMK/MA sederajat.

3. Tahfidz, merupakan lomba hafalan Alquran secara individual dengan melafalkan ayat demi ayat dalam Alquran secara tepat sesuai makhraj, tajwid, dan adab yang berlaku yang dalam hal ini merupakan salah satu bentuk untuk melestarikan Alquran. Lomba tahfidz ini sasaran pesertanya siswa-siswi SMP/MTs sederajat dan SMA/SMK/MA sederajat.

4. Tartil, merupakan perlombaan secara individual berupa membaca Alquran secara perlahan dengan bacaan yang mengandung ilmu tajwid makhraj, lagu, dan suara, serta adab yang baik, jelas, dan benar sehingga terciptanya bacaan yang indah. Lomba tartil ini sasaran pesertanya adalah siswa-siswi SMP/MTs sederajat dan SMA/SMK/MA sederajat.

“Saya berharap semua siswi-siswi MTs. Assaadah II, terus berlatih sehingga mampu berprestasi lebih tinggi lagi,” pungkas Senidi Arif.
**(ahm/sen A)