MPLS SMANKAR, Menyamaan Cinta, Visi – Misi dan Harapan Siswa

301 dibaca

▪︎LAMONGAN-POSMONEWS COM,-
Awal tahun ajaran baru 2022/2023 di dunia pendidikan, khususnya di SMA/SMK di seluruh tanah air maka siswa baru wajib mengikuti kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) 2022/2023 sebagai upaya memperkenalkan para siswa baru pada semua hal yang berhubungan dengan sekolah.

Masa yang juga disebut orientasi tersebut bukan hanya sebatas antar murid baru saja atau dengan kakak kelas serta guru namun juga pada komponen lainnya, meliputi pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan.

Seperti kegiatan MPLS di SMA Negeri 1 Karangbinangun, Lamongan (Smankar), dari pantauan jurnalis posmonews com di tahun ajaran baru 2022/2023 telah menyelenggarakan kegiatan MPLS sesuai jadwal yang ditetapkan pemerintah.

Dimulai Senin (18/7/2022) sampai 3 hari, Rabu (20/7/2022), dan hari ini dilanjutkan dengan Gelar Inagurasi Siswa, menampilkan “Unjuk Kreatifitas” Penampilan Seni dan Budaya dari seluruh kegiatan Ekstakurikuler, Kamis (21/7/2022).

Ketua Panitia MPLS yang juga Waka Kesiswaan Smankar, Khusnul Yakin, S.Pd, M.Pd menuturkan pada media ini, sesuai tujuan MPLS ini, dari siswa baru itu bisa dikenali potensinya, juga membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah.

“Selain itu ya untuk memotivasi, semangat, dan cara belajar, interaksi positif antar-siswa dan warga sekolah, membangun perilaku positif, seperti sikap jujur, dan mandiri.

Berhubungan dengan profil pelajar Pancasila, mereka diharapkan memiliki sikap saling menghargai, menghormati keaneka-ragaman dan persatuan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan pribadi yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong,” tegasnya.

Sedangkan Kepala SMA Negeri 1 Karangbinangun, Drs H. Ali Nurdin, M.Pd, dalam seremonial di Ruang Materi di Auditorium Smankar mengucapkan selamat datang pada seluruh siswa baru, mendoakan mereka bisa kerasan, dan mencintai sekolah dengan adaptasi diri di lingkungan baru sesuai harapannya.

” Kami ucapkan selamat datang, teriring doa, dan keyakinan bahwa sekolah ini sesuai yang kalian harapkan. Hal yang terpenting di MPLS ini, dari asal sekolah yg berbeda, kini kalian harus bisa menyamakan visi, misi, dan harapan itu.

Maka, Smankar juga akan memberikan pelayanan yg sama, tidak membedakan dari sekolah mana, keluarga atau anak siapa. Bahwa sarana dan prasarana di Smankar ini kan diberikan kepada kalian semuanya dengan nilai yang sama,” katanya.

Selanjutnya, H.Ali Nurdin, menekankan dengan data dan contoh untuk motivasi dan kebanggaan siswa bahwa Smankar tidak kalah dengan sekolah negeri lainnya di Lamongan, bahkan memiliki keunggulan.

“Ini untuk menekankan saja, Aula Smankar ini merupakan yang terbesar di antara sekolah negeri di Lamongan. Juga nantinya lapangan futsal yang serbaguna itu. Penataan Gedung baru nanti semua lantai 2 seperti suasana Kampus.

Kalian yang masuk di Klas X ini masih merasakan semua. Dengan kurikulum Merdeka, kalian lebih leluasa memilih pelajaran sesyai harapkan dan cita-citakan.

Insya Allah dengan bimbingan Bapak/ Ibu Guru dan dukungan sarana dan prasarana yang cukup menadai, kalian bisa belajar dengan baik. Sesuai dengan harapan awal ,mengapa kalian memilih sekolah tercinta ini,” yakinnya.**(Danar SP)