Ribuan Pendemo Padati Jakarta, Arus Lalin di Istana Direkayasa

182 dibaca

▪︎JAKARTA-POSMONEWS.COM,-
Massa aksi yang tergabung dalam beberapa Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) menggelar unjuk rasa di kawasan Harmoni, Jakarta. Dalam aksinya mereka meminta untuk batalkan wacana perpanjangan masa jabatan presiden serta dibatalkannya wacana penundaan pemilu.

Sejumlah elemen mahasiswa menggelar aksi demo menuntut pemerintah. Adapun isu yang di bawah soal penolakan tiga periode masa jabatan presiden yang mengarah ke penundaan Pemilu 2024, Senin (11/4/2022).

Terkait demo 11 April 2022 itu, polisi melakukan rekayasa lalu lintas (lalin) di sekitar Gedung DPR/MPR dan Istana Negara Jakarta.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo, menerangkan rekayasa lalin di sekitar kawasan Gedung DPR/MPR bersifat situasional.

“Kami melihat perkembangan massa, apabila masa cukup banyak maka arus akan ditutup di bawah jembtan layang, dan akan dialihkan ke Jalan Gerbang Pemuda,” kata Sambodo dalam keterangan tertulis, Minggu (10/4/2022).

Berikut Rekayasa Lalu Lintas di sekitaran Gedung DPR/MPR:

1. Arus lalu lintas dari Jalan Gatot subroto arah Gedung DPR/mpr di belokkan kiri ke jl. Gerbang pemuda

2. Arus lalu lintas dari Jalan Gerbang Pemuda arah Jalan Gatot Dubroto, di putar balik di kolong layang Farmasi ke Jalan Gerbang Pemuda.

3. Arus lalu lintas dari tol dalam kota yang akan keluar di Offramp Pulo Dua diluruskan ke arah Tomang.

4. Arus lalu lintas dari Jalan Palmerah Timur arah Jalan Gelora diluruskan Jalan Tentara Pelajar

5. Arus lalu lintas dari Jalan Asia Afrika arah Jalan Gelora dibelok ke kanan Jalan Gerbang Pemuda.

6. Arus lalu lintas dari Jalan Gerbang pemuda arah Jalan Gelora dibelok kiri Jalan Asia Afrika.

Ditutup Sejak Dini

Sementara itu, Sambodo menerangkan, skenario arus lalu lintas bersifat situasional. Namun, ada ruas jalan yang dipastikan ditutup sejak pukul 08.30 WIB.
Dia menyebut, itu untuk ruas Jalan Medan Merdeka Barat dan Jalan Harmoni mengarah ke Istana.

“Jalan medan merdeka barat akan ditutup pukul 08.30 WIB karena akan dipasang security barrier/pagar kawat dan juga water barrier di kedua arah” kata Sambodo.
Dia menjelaskan, arus lalu lintasnya dialihkan ke Jalan Merkde Selatan dan Budi Kemuliaan.

“Arus lalu lintas akan dialihkan ke Jalan Merdeka Selatan dan Budi Kemuliaan. Demikian juga Harmoni arah ke Istana akan kita tutup,” jelas Sambodo.

Sementara itu, dia mengingatkan bahwa rekasaya lalu lintas di kawasan lain pemberlakuannya tergantung situasi di lapangan.
“Sifatnya situasional,” ucap Sambodo.

Walaupun bersifat situasional, pihaknya sudah mengambarkan mana-mana saja jalan yang akan ditutup atau terkena rekayasa lalu lintas. Sehingga, masyarakat perlu mengantisipasi jika ingin melintas jalan-jalan tersebut.
**(hayan/alams)