Gunungan Apem Dua Meter jadi Rebutan Pengunjung Pasar Murah

245 dibaca

▪︎Saat Pembukaan “Pasar Murah Festival Seni Santri Lesbumi 2022 Tadi Malam”

▪︎SIDOARJO-POSMONEWS.COM,-
Kehadiran kue apem khas Sidoarjo, jadi rebutan pengunjung saat pembukaan “Pasar Murah & Festival Seni Santri Lesbumi 2022” di Alun-alun Sidoarjo, Jumat (18/3) tadi malam.

Di atas panggung, sejumlah pejabat dan ulama ikut sibuk membagi-bagikan apem yang dipetik dari gunungan setinggi dua meter yang disediakan panitia PW Lesbumi NU Jatim, sementara pengunjung di bibir panggung, saling berebutan.

Tampak ikut sibuk membagi-bagikan apem dari atas panggung, Ketua PW Lesbumi Jatim Nonot Sukrasmono, Kadis Pangan dan Pertanian Pemkab Sidoarjo Dr Eni Rustianingsih, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Mustain Baladan, Ketua PC NU Sidoarjo KH Zainal Abidin dan banyak lagi.

Menurut Kepala Bakesbangpol Sidarjo Mustain Baladan, kue apem asal katanya dari afum, permohonan maaf. “Kue apem jadi simbol masyarakat Sidoarjo untuk saling memaafkan sebelum memasuki bulan suci Ramadhan,

Sementara itu Ketua PC NU Sidoarjo KH Zainal Abidin mengatakan, NU tidak hanya mengurusi tahlilan dan ibadah, tapi juga ngurusi seni.

“Nek onok remo, remo-ne di-NU-kan, kalau ada wayang, ludruk, ketoprak maka wayangnya, ludruknya, ketopraknya, di-NU-kan,” ujar Yai Zainal, saat sambutan di pembukaan

Menurut Kiai Zainal, kesenian ketoprak mulai ditinggalkan masyarakat. “Sangat mungkin ketoprak dibuat ketoprak ala Lesbumi, karena NU juga nguri-nguri seni di Indonesia, melanggengkan pentas-pentas seni, InsyaAllah NU akan lekat dengan budaya lokal, budaya Nusantara, ” ujarnya.

Yai Zainal menambahkan, NU tidak cuma ngurusi tahlil dan ibadah saja. “Tapuga semua urusan kehidupan, misalnya urusan seni mudah-mudahan diurusi Lesbumi,” jelasnya.

Kegiatan “Pasar Murah dan Festival Seni Santri 2022” yang digelar PW Lesbumi NU Jatim ini, akan berlangsung hingga 28 Maret 2022. Kegiatan dalam rangka memeriahkan Harlah ke-60 Lesbumi dan Harlah ke-99 NU.

Setelah membuka kegiatan di Alun-alun, Kepala Bakesbangpol, Kadis Pertanian dan Ketua PC NU Sidoarjo selanjutnya membuka “Pameran Lukisan Lesbumi 2022” di Pendopo Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kab Sidoarjo.**(dah)