Menteri BUMN Student Day Talkshow Tranformasi Digital di UMM

357 dibaca

MALANG-POSMONEWS.COM,-
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, hadir menjadi tamu di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).
Erich Thohir berkesempatan mengisi agenda Student Day Talkshow membahas Tranformasi Digital, Sabtu (15/1).

Menurut Erick, transformasi digital dan ekosistem ekonomi memiliki peran vital dalam membangun negara.

“Target Indonesia di 2025 adalah menjadi negara dengan ekonomi terbesar nomor empat di dunia. Tapi, mimpi itu hanya akan menjadi mimpi jika kita tidak mengusahakannya dengan baik,” ujarnya.

Karenanya, dia berpesan untuk meraih mimpi itu dengan menghadapi tantangan sampai menang.

Dia mengungkapkan, dalam beberapa tahun ke depan ekonomi tidak hanya berfokus pada sumber daya alam (SDA), melainkan juga kemampuan manusia.

Termasuk dalam mengelola ekonomi dan penciptaan lapangan kerja. Sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni akan membuat suatu negara menjadi lebih maju.

Mentri BUMN, Erick Thohir bersama Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) talkshow dengan mahasiswa UMM dan Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah secara daring.

“Untuk market dalam negeri kita, tidak boleh lagi market kita Indonesia dimanfaatkan untuk pertumbuhan ekonomi bangsa lain, market dalam negeri kita harus untuk kemajuan bangsa kita sendiri bukan untuk bangsa lain,” tegasnya.

Kemudian Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, yang turut hadir secara daring, tampak sangat bersemangat dan antusias, dalam mengikuti acara talk show ini, terlebih saat dirinya diminta untuk memaparkan tentang UMKM dan perkembangan dari ITE.

“Saya memang cukup semangat kalau berbicara soal UMKM,” ungkap Ganjar Pranowo.

“Perkembangan UMKM saat ini memang tidak bisa berjalan secara konvensional, tapi dibutuhkan digitalisasi diera sekarang yang saat ini serba ITE,” jelasnya.

Untuk itu, Ganjar Pranowo mengusulkan kepada Rektor UMM, Dr. Fauzan MPD, agar mengirimkan mahasiswanya turun ke bawah, untuk me-digitalisasi wilayah melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan sejenisnya karena UMM ini besar.

Saat ini digitalisasi desa perlu menjadi prioritas untuk itu perlu ada team untuk turun ke bawah, guna mendigitalisasi desa, mengelola warung secara digital dan lainnya,” ungkap Ganjar Pranowo.

Rektor UMM, Dr. Fauzan, MPD. mengungkapkan jika kegiatan talkshow ini digelar dalam rangka Student Day. Dia mengatakan Student Day merupakan kegiatan rutin yang digelar UMM di Bumi Arema ini.

“Kegiatan ini adalah tradisi untuk untuk belajar sekaligus wadah untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa tentang wawasan ke depan,” tandasnya.
**(zah/mad/mas)