Gedebog Pisang di Luar Negeri jadi Barang Langka dan Mahal

235 dibaca

• Dijadikan Obat Diabetes dan Darah Tinggi

BATANH pohon pisang. Khasiat batang pohon pisang untuk tubuh, bisa obati diabetes, kolesterol, hingga darah tinggi. Di luar negeri menjadi barang langka. Sepotong kecil harganya mencapai Rp. 85 ribu.

Batang pohon pisang di Indonesia tidak ada harganya. Bahkan, para petani menganggap sebagai sampah tidak berguna. Tapi mengapa “gedebok” pisang di luar negeri menjadi barang langka dan sangat mahal harganya.

Rasa-rasanya hampir semua bagian dari tumbuhan pisang dapat dimanfaatkan, mulai dari buah, jantung, daun, hingga batang pohonnya sekalipun. Bahkan, batang pohon pisang ini menjadi barang mahal di luar negeri dan dijual dengan harga 5,95 dolar AS atau setara Rp 85.000.

Seperti halnya di Amerika Serikat, “gedebok” pisang ini dijual dalam bentuk potongan kecil-kecil. Harganya yang tentunya membuat kita bertanya, apa istimewanya batang pohon pisang?

Melansir Tribunnews.com, batang pohon pisang memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ulasannya.

1. Mengobati Diabetes

Batang pohon pisang yang diolah dalam bentuk jus dapat membantu tubuh dalam mengatur insulin. Ahli merekomendasikan untuk meminum jus batang pohon pisang tanpa disaring.

Rutin meminum jus ini dapat mengontrol kadar gula darah pasien diabetes. Hal ini karena batang pohon pisang memiliki kandungan glikemik rendah yang mencegah lonjakan gula darah.

2. Mengontrol Kolesterol dan Tekanan Darah

Kandungan vitamin B6 dan zat besi yang dapat meningkatkan jumlah hemoglobin dalam tubuh. Jus batang pohon pisang juga memiliki kandungan kalium yang dapat mengontrol kolesterol dan tekanan darah tinggi.

3. Menurunkan Berat Badan

Batang pohon pisang memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat memperlambat pelepasan gula dan lemak dalam tubuh. Dengan demikian, kandungan serat ini meningkatkan metabolisme tubuh.

Di sisi lain, kalori dalam batang pohon pisang juga tidak begitu tinggi sehingga cocok untuk menurunkan berat badan.

4. Detoksifikasi Sistem Pencernaan

Kandungan serat pada batang pohon pisang juga berkhasiat untuk mengeluarkan racun dalam tubuh, membersihkan sistem pencernaan, dan memperlancar buang air besar (BAB).

5. Mengobati Infeksi

Kalium dan vitamin yang terkandung dalam batang pohon pisang juga mampu mengobati infeksi, termasuk infeksi saluran kemih sekalipun.**(ary)