Lewat Babinsa, Kodim 0812 Salurkan Zakat Fitrah

132 dibaca

LAMONGAN-POSMONEWS.COM,-
Hakikat zakat adalah proses penyucian diri yang berdimensi kemanusiaan. Di satu sisi, zakat merupakan wujud ketaatan pada perintah Allah SWT sebagai konsekuensi pernyataan keimanan.

Selain itu juga merupakan penegasan bahwa dalam islam, setiap ritual selalu mempunyai dimensi sosial yang menyentuh sisi kemanusiaan secara langsung.

Khusus untuk zakat fitrah adalah satu-satunya zakat yang diwajibkan bagi setiap muslim untuk “menyucikan jiwa”. Oleh karena itu, zakat fitrah tidak saja diwajibkan bagi mereka yang kaya, akan tetapi juga bagi mereka yang kurang berkecukupan. .

Dengan dasar religi inilah, di setiap tahun tepatnya menjelang hari raya Idul Fitri 2021 M/ 1442 H ini Kodim 0812/Lamongan menyalurkan zakat fitrah ke warga fakir miskin dan kaum dhuafa serta warga kurang mampu di wilayah Koramil jajaran Kodim 0812 Lamongan.

Dari pantauan posmonews.com, karena situasi pandemi maka pembagian zakat fitrah tersebut diberikan komandan Kodim 0812 Lamongan secara simbolis kepada perwakilan babinsa, yang kemudian akan didistribusikan atau disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan, Jumat (07/05/2021).

Dandim 0812/ Lamongan, Letkol Inf Sidik Wiyono, S.H., M.Tr.Han. menegaskan bahwa pemberian zakat fitrah ini merupakan suatu kewajiban bagi setiap umat muslim yang diwajibkan setahun sekali menjelang akhir bulan Ramadan.

Dicuplik posmonews.com dari Ibnu Abbas r.a., ia berkata : Rasulullah saw telah memfardhukan zakat fithrah untuk membersihkan orang yang puasa dari perbuatan sia-sia dan dari perkataan keji dan untuk memberi makan orang miskin. Barang siapa yang mengeluarkannya sebelum shalat, maka ia berarti zakat yang di terima dan barang siapa yang mengeluarkannya sesudah shalat ‘Ied, maka itu berarti shadaqah seperti shadaqah biasa

“Mengeluarkan zakat fitrah adalah merupakan salah satu ibadah yang berfungsi untuk mensucikan ibadah puasa seorang muslim dan menyempurnakannya, dan harus dikeluarkan sebelum pelaksanaan Sholat Idulfitri dimulai,” kata Dandim pada insan pers.

Karena boleh jadi dalam melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadan ini kita boleh jadi banyak melakukan kesalahan

“Dengan dikeluarkannya zakat fitrah insya Allah kita bisa menyempurnakan dan mensucikan kesalahan tersebut,” lanjut Dandim.

Dengan pembagian zakat fitrah ini, Dandim berharap bisa membantu meringankan beban dan kebutuhan warga miskin dan kurang mampu pasca pandemi Covid 19 ini.

Sementara itu di tempat terpisah tepatnya di Desa Made Babinsa koramil 0812/01 Kota Pelda Joko dengan didampingi Kepala Desa Made saat mendistribusikan zakat fitrah kepada warga yang terdampak Covid-19 dan berhak menerima seperti halnya warga yang kurang mampu

Sementara itu Mbah parno salah satu penerimaan zakat ini megucapkan banyak terima kasih kepada bapak TNI, khususnya Kodim 0812/Lamongan yang mana sangat peduli terhadap warga yang kurang mampu apalagi pasca pandemi Covid 19 seperti ini.

Dengan pemberian zakat fitrah ini kami mengucapkan banyak terima kasih, ungkap salah satu warga tersebut.
*DANAR SP*