Pasar Sembayat Ditutup

237 dibaca

Mulai hari Sabtu (11/7/20) hingga Jumat (17/7/20) mendatang,
Pasar Sembayat di Desa Sembayat, Manyar, Gresik, Jatim, ditutup. Penutupan itu dilakukan karena banyak pedagang pasar yang terinfeksi virus Covid-19.

“Sementara kami tutup karena ada pedagang yang kena virus Covid-19. Di sini banyak pedagang yang kulaan dari Surabaya, kemudian dijual di sini,” kata Kepala Desa Sembayat, Moh. Amin, saat memantau penutupan Pasar Sembayat, Sabtu (11/7/20).

Menurut Moh. Amin, penutupan sementara Pasar Sembayat ini sudah sesuai petunjuk dari Pemda Gresik.”Kalau menurut jadwal yang sudah ditentukan ditutup mulai tanggal 11 sampai 17 Juli 2020. Ya mudah-mudahan tidak sampai diperpanjang. Kasihan pegadang di sini,” papar Cak Amin…panggilan akrab Moh. Amin.

Penutupan Pasar Desa Sembayat dijaga keamanan cukup ketat dari TNI. Penjagaan itu dilakukan di setiap akses masuk Pasar Desa Sembayat. Penjagaan itu dilakukan karena khuatir masih ada pedagang pasar yang tetap membandel berjualan.

Penutupan pasar di wilayah Kabupaten Gresik, tidak hanya di Pasar Sembayat saja. Pasar Krempyeng di perempatan Kecamatan Bungah, Gresik, juga ditutup sementara.”Untuk sementara pasar krempyeng di sini ditutup bersamaan dengan Pasar Sembayat,” ujar petugas jaga yang enggan disebutkan namanya.

Seperti diketahui lonjakan pasien positif Covid-19 di Gresik mencapai 1005 setelah ada tambahan 36 hari ini. Di antaranya Kecamatan Bungah 4 dari Desa Sungonlegowo, Indrodelik, Bungah, dan Sidomukti. Kecamatan Driyorejo 1  dari Desa Driyorejo. Kecamatan Duduk Sampeyan 1 dari Desa Petisbenem. Kecamatan Dukun 1 dari Desa Dukunanyar. Kecamatan Gresik 10 dari Desa Bedilan1, Karangturi 1, Kemuteran 2, Kramat Inggil 1 , Ngipik 1, Sidokumpul 3, dab Sukodono 1. Kecamatan Kebomas 8 dari Desa Dahanrejo 1,  Gending 1, Kebomas 1 , Randuagung  2, Segoromadu,  1, Sekarkurung 1, dan Sidomukti 1. Kecamatan Manyar 5 dari Desa Banjarsari 1,  Suci 2 , Tebalo 1, dan Manyar Sidorukun 1. Kecamatan Menganti 4 dari Desa Menganti 1 , Gempolkurung 2 ,  dan Pelemwatu 1. Kecamatan Panceng 1 dari Desa Campurejo dan Kecamatan Sidayu 1 dari Desa Randuboto.
Jubir Satgas Penanganan dan Percepatan Covid-19 drg. Saifudin Ghozali mengatakan, meski demikian ada 30 pasien yang sembuh hari ini.

“Kecamatan Menganti 8 dari Desa Sidowungu 2, Boteng 2 , Hulaan 2 , Domas 1 , dan Menganti 1. Kecamatan Gresik 6 dari Pulopancikan 2 , Sidorukun 1, Gapurosukolilo 1 , Kroman  1, Karangturi 1. Kecamatan Manyar 4  dari Desa Yosowilangon 2 , Tebalo 1 , Suci  1. Kecamatan Cerme 5 dari Desa Jono  1 , Kambingan  1 , Banjarsari 1, Cagak Agung :1 , dan Dungus 1.

Kecamatan Benjeng 2 dari desa Gesing dan Jogodalu. Kecamatan Balongpanggang 3 dari Desa Semanding 2 , Banjaragung 1. Kecamatan Panceng 1 dari Desa Campurejo. Kecamatan Kedamean 1 dari Desa Ngepung,” ujar dia didampingi Kabag Humas dan  Protokol Pemkab Gresik Reza Pahlevi.(za)