DAHSYATNYA SEDEKAH JUM’AT PAGI

127 dibaca

Anjuran bersedekah dikumandangkan Nabiullah Muhammad SAW kepada umatnya. Bersedekah dapat dilakukan kapan saja dan kepada siapa saja yang membutuhkan.

Termasuk pada hari Jumat yang disebut sebagai hari penuh berkah bagi umat Islam. Amalan-amalan di hari Jumat pun dijanjikan pahala yang berlipat ganda.

Hari Jumat merupakan hari paling baik dibanding hari-hari lainnya. Bahkan disebut sebagai sayyidul ayyam, pemimpin hari-hari lainnya. Pada hari itu, Allah membuka pintu ampunan, doa dikabulkan dan amal biak dijanjikan pahala yang sangat besar. Karena itu, Nabi Saw. menganjurkan kepada umatnya untuk memperbanyak ibadah, zikir, shalawat, amal shaleh dan sedekah di hari Jumat.

Sebaiknya, sedekah pada hari Jumat dilasanakan pada pagi hari. Hal ini selain agar mendapatkan keutamaan sedekah hari Jumat, juga agar mendapatkan keutamaan doa malaikat. Para malaikat selalu mendoakan kebaikan pada setiap orang bersedekah di pagi hari. Nabi SAW. bersabda;

Setiap pagi hari di mana para hamba berada di dalamnya, ada dua malaikat yang turun seraya malaikat pertama berdoa; ‘Ya Allah, berikanlah bagi orang yang bersedekah ganti. Dan malaikat satunya lagi berdoa; ‘Ya Allah, berikanlah bagi yang tidak mau bersedekah (pelit) kebinasaan.” (HR. Bukhari dan Muslim).

(Al-Faqir. Deni Aden di Yogyakarta)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here