Workshop Pemanfatan Data Kependudukan

149 dibaca

Ditjen Dukcapil Kementrian Dalam Negeri mengadakan workshop pemanfaatan data kependudukan dan lounsing jinggle Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA). Workshop tersebut dilaksanakan di Hotel Ibis Malang. Dalam acara tersebut juga dihadiri Bupati Malang, H.M. Sanusi, OPD, Camat, Polres, Dinas Kesehatan, RS Ben Mari, dan RS Madinah.
Kasubdit Monitoring Evaluasi dan Dokumentasi Ditjen Dukcapil Kementrian Dalam Negeri, Mohammad Farid mengatakan, administrasi kependudukan sangat penting dalam GISA. Ada 4 hal di antaranya; sadar akan dokumentasi kependudukan, sadar akan pentingnya pemanfaatan data penduduk, sadar akan pemutakhiran penduduk dan sadar akan pelayanan yang membahagiakan.
Hal senada juga diungkapkan Kepala Dinas Kependudukan Kabupaten Malang, Dr. Sri Meicharini dalam penerapannya di Kabupaten Malang, satu kecamatan harus membentuk satu desa atau kelurahan sadar Adminduk.
“Untuk KTP-EL Kabupaten Malang sudah melaksanakan perekaman 100 persen bagi masyarakat yang wajib KTP elektronik, pada tahun 2019 sudah sesuai target,” jelasnya.
Sedangkan dari pihak Provinsi Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Sambudi mengatakan bahwa GISA ini penting sekali untuk diikuti desa-desa yang lain sebagai mana amanat Undang-undang No.24 tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan.
(Alamsyah)