Tonggak Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Jawa Timur

102 dibaca
Dalam Rangka Hari Jadi Ke – 74 Provinsi Jawa Timur. Pemerintahan daerah pun menggelar even pameran terbesar di Indonesia yang dilaksanakandi Ballroom Lantai 4 Grand City Convex Surabaya. Tentunya hal itu sejalan dengan peraturan daerah no 6 tahun 2007 yang menetapkan bahwa tanggal 12 Oktober merupakan hari jadi lahirnya provinsi Jawa Timur.

Keputusan tentang lahirnya provinsi jatim sendiri dilakukan setelah melihat berbagai sejarah. Salah satunya sebuah sumber yang menyatakan Jawa Timur sebenarnya telah ada sejak tahun 760 M. Hal ini didasari dari prasasti Dinoyo yang menyatakan sejak tahun itu telah muncul suatu satuan pemerintahan yaitu kerajaan kanjuruhan di Malang dengan wilayah yang sama dengan Jatim saat ini.

Hanya saja, berdasarkan prasasti Mulamalurung, disebutkan jika Jatim baru terbentuk pada tahun 1255, yang ditandai dengan terbentuknya seluruh struktur provinsi di Indonesia yang berarti Jatim juga baru saja terbentuk. Pada tahun 1929, pemerintah hindia belanda juga membentuk struktur pemerintahan baru dengan menyebut Jawa Timur sebagai salah satu provinsi yang berarti tahun ini-pun juga bisa diartikan sebagai tahun berdirinya Jawa Timur.

Dari berbagai sumber diatas, tidak bisa ditemui tanggal dan bulan yang tepat untuk menandai berdirinya Provinsi Jawa Timur. Yang paling bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya adalah sejarah yang menyebutkan dilantiknya Gubernur Pertama Jawa Timur yang dijabat oleh Raden Mas Tumenggung Soeryo. Setelah dilantik, Gubernur Soeryo yang semula adalah Residen Bojonegoro mulai boyongan atau pindahan ke Surabaya untuk menempati pos barunya. Hari boyongan tersebut tepat terjadi pada tanggal 12 Oktober 1945.

Pemerintah Provinsi kemudian bersepakat untuk menjadikan moment boyongan Gubernur Soeryo sebagai hari jadi berdirinya Provinsi Jatim yang benar. momentum hari jadi ini bisa dijadikan tonggak untuk lebih meningkatkan kesejahteeraan masyarakat Jawa Timur. tidak heran berbagai Produk unggulan di tampoiulkan dalam pameran kali ini. Mulai dari produk kerajinan daerah dan pertunjukan kesenian juga turut digelar untuk semakin memeriahkan event ini. Bahkan sejumlah artis dan band nasional juga dijadwalkan tampil, di antaranya Tulus, Padi, Tipe-X, Naif dan Sheila On7.

Tidak hanya itu, semarak wisata belanja, Jatim Fair 2019 juga menyuguhkan talkshow, demo produk, pesta mainan anak indoor dan outdoor, launching product, display sampling, aneka lomba dan doorprize, bazar serta gebyar diskon. HARIS