Munculkan Kewibawaan dan Kerezekian

1,178 dibaca

 Keris Brojol pamor dadung muntir,tangguh Madura dibuat oleh Empu  Koso. Sawab yang menempel pada sekujur bilahnya adalah kewibaan sekaligus pengikat kerejekian. Tosanaji ini cocok untuk para pemimpin.  Berikut tulisan Adji W posmonews.com

Banyak empu,  pembuat keris kondang di tanah Jawa yang kesohor pada jamannya. Dari sekian banyak pembuat keris yang diakui maha karya oleh masyarakat, diantaranya adalah Empu Koso. Beliau lahir dan  hidup di Madura, Jatim. Hari-harinya kala sudah menginjak usia dewasa, dihabiskan untuk membuat keris, sekaligus menempa diri lewat laku prihatin, agar keris buatnya benar-benar ampuh seperti keinginan pemesannya.

Dan salah satu keris buatanya adalah Keris brojol dapur dadung muntir. Pamor yang ada pada sekujur bilahnya, sama persis dengan pamor sada sakler. Tapi jika dicermati, ada perbedaan  yang sangat elementer. Yakni  pada sekujur bilahnya ada garis-garis  yang bermotifkan pilin seperti tampar atau dadung membujur dari atas ke bawah. Dan itulah yang membedakan antara pamor sada sakeler dan pamor dadung muntir.

Adalah Husein (40) asal Madura yang sekarang tinggal di Purwokerto, Jateng. Dirinya tak hanya memiliki Keris brojol  pamor dadung muntir,akan tetapi sejumlah pusaka lain dengan bermacam pamor juga dikoleksinya. Dikatakannya bahwa keris brojol miliknya dibuat oleh Empu Koso, asal Madura. “ Ini keris tangguh Madura yang dibuat oleh Empu Koso”tandasnya.

Mirip Sada Sakler      

Bab pamor kembali diungkapkan oleh Husein, bahwa pamor dari sebilah keris  brojol  pamor dadung  muntir ini sangat mirip sama pamor keris sada sakler. Akan tetapi garis pada tengah bilahnya, ada   motif seperti pilinan tambang atau dadung.

Kemudian soal sawabnya, diyakini mampu menciptakan kewibawaan serta  keteguhan hati. Makna borojo pada  tosanaji ini adalah kelaghiran. “ Ya brojol itu identik dengan klahiran,” kata Husen. Sedang dadung muntir sambung ia,  Secara umum jelasnya, memiliki sawab  sebagai pengikat.

Keris berdapur brojol ini sambungnya, memiliki filosofi tentang kelahiran manusia dan juga dapat berarti memudahkan jalannya kerejekian. Dapur brojol menjadi karya yang bermuatan spiritual berupa ajaran hidup. Seperti juga namanya dadung muntir, sawab sebagai pengikat. Sehingga keris pamor dadung muntir dapat sebagai pengikat rejeki, pengikat jodoh, pengikat agar masyarakat atau rakyat tetap bersatu.

Pengikat pelanggan, dan lain sebagainya selain itu juga seperti namanya brojol merupakan kelahiran bhayi sehingga keris ini dipercaya dapat memudahkan urusan oleh karena itu keris brojol pamor dadung muntir sangat cocok dimiliki oleh para pemimpin, pengusaha, pedagang, seorang yang memiliki pangkat dan jabatan dan memiliki bawahan , seklain itu juga dapat dipegang oleh para petinggi dan pemimpin bangsa. ***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here