Selecta Tempat Wisata Bebas Sampah Pertama di Indonesia

121 dibaca

▪︎Sukses Kelola Sampah secara Mandiri

▪︎KOTA BATU – POSMONEWS.com,-
PT. Selecta me-launching “Wisata Selecta Bebas Sampah (Zero Waste) Pertama di Indonesia dan Edukasi Pengelolaan Sampah” di Aula Hotel Selecta Kota Batu, Selasa (2/7).

Acara launching dihadiri oleh Hariyanto, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia, Pj. Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, serta Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Provinsi Jawa Timur, Evy Afianasari.

Acara ini merupakan hasil dari proses dan upaya PT. Selecta dalam mengoptimalkan penanganan sampah secara mandiri sebagai destinasi wisata Kota Batu.

“Selama tiga bulan terakhir, kami bekerja sama dengan Indonesia Menuju Hijau (IMH), berusaha mengolah dan mengelola sampah secara mandiri dengan metode reduce, reuse dan recycle dengan sebenar-benarnya menggunakan perlengkapan yang sederhana, sehingga pada saat ini Selecta benar-benar bebas sampah,” ujar Sujud Hariadi, Direktur Utama PT. Selecta.

Evy Afianasari menyambut baik pencapaian Selecta ini. Wisata Selecta berkomitmen kuat dalam mengembangkan potensinya sebagai destinasi wisata yang terkenal dan bersejarah di Kota Batu.

“Branding Wisata Selecta sebagai wisata pertama di Indonesia yang bebas sampah merupakan salah satu inisiasi dan inovasi yang sangat bagus sebagai motivasi untuk pelaku wisata di daerah lain, khususnya di wilayah Jawa Timur,” kata Evy.

Pencapaian Selecta ini juga mendapatkan apresiasi positif dari pihak Kemenparekraf RI.

“Apresiasi layak diberikan kepada para pelaku pariwisata seperti PT. Selecta, yang memberikan perhatian lebih terkait isu sampah beserta pengelolaannya, karena selama ini masih banyak PR terkait penanganan sampah di tempat-tempat wisata. Ini merupakan tantangan bagi kita dalam hal pengelolaan sampah,” jelas Hariyanto.

Hariyanto menambahkan, apa yang dilakukan PT. Selecta merupakan contoh sukses pengelolaan sampah, sehingga menjadi tempat wisata bebas sampah yang dapat menginspirasi dan memotivasi destinasi wisata dan pelaku pariwisata daerah lain.

“Selecta bisa menjadi tolok ukur terbaik dalam hal pengelolaan sampah untuk pihak-pihak lain,” pungkasnya.

Launching Wisata Selecta Bebas Sampah (Zero Waste) Pertama di Indonesia dan Edukasi Pengelolaan Sampah ini sendiri ditandai dengan pemukulan gong oleh Hariyanto. Berikutnya acara dilanjutkan dengan peninjauan tempat pengelolaan sampah yang ada di Selecta.▪︎(AHM/Cha)
#humas pemkotbatu