Menteri PUPR: Tol Solo – Jogja – Klaten Beroperasi Juli 2024

91 dibaca

▪︎JOGJA – POSMONEWS.com,-
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono memastikan proyek Jalan Tol Jogja – Solo – Klaten sepanjang 23 Kilometer segera diresmikan pada Juli 2024.

“Kalau Jogja-Solo nanti mudah-mudahan bukan Juli ini sampai Klaten sepanjang 23 kilo bisa operasikan/resmikan,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam agenda pelepasan KKN dan pemecahan rekor MURI minum susu gratis di Halaman Balairung, UGM, kemarin.

Disebutkan, karena itu (proyek tol) termasuk investasi sehingga dioperasikannya nanti setiap gate to gate (pintu ke pintu).

Proyek ruas Jalan Tol Solo-Jogjakarta bisa dioperasikan sampai Klaten, Jawa Tengah pada Juli 2024. Hal ini disampaikan oleh Menteri Basuki Hadimuljono.

Menteri Basuki menjelaskan bahwa peresmian Jalan Tol Solo-Jogjakarta akan dilakukan secara bertahap, tidak menunggu seluruh ruas jalan selesai dibangun. Sehingga infrastruktur tersebut bisa segera dioperasikan karena merupakan aset investasi bagi negara.

“Karena itu investasi, kalau tidak diresmikan kan enggak dioperasikan sehingga dia tidak punya revenue (pendapatan). setiap gate to gate pintu ke pintu kita bisa operasikan, cukup panjang 23 kilometer,” tegas Pak Bas, sapaan akrab Menteri PUPR.

PT Jasa Marga menargetkan pembangunan Tol Solo-Jogjakarta seksi 1 yang menghubungkan Solo-Klaten-Purwomartani sepanjang 42,3 km rampung pada akhir tahun 2024 ini. Sementara secara keseluruhan, Tol Solo-Jogjakarta memiliki panjang 96,57 km, yang menghubungkan Solo hingga Bandara Internasional Jogjakarta di Kulon Progo.

Menteri Basuki melanjutkan, begitu juga dengan pembangunan tol Jogja-Bawen juga segera beroperasi pada bulan Juli 2024.

“Sama halnya Tol Jogja-Solo, untuk Tol Jogja-Bawen juga segera diresmikan Juli besok,” tuturnya.

Proses pemasangan girder sebagai rangka jembatan Malang Jiwan di Kebonarum, Klaten saat ini masih dikerjakan. Terpasangnya gelagar calon jembatan Malang Jiwan tersebut menjadi pertanda konektivitas Tol Jogja-Solo menuju ruas Klaten Purwomartani yang semakin dekat.

Lebih rinri, ada 12 girder yang saat ini sudah terpasang di lokasi Tol Jogja-Solo tersebut. Masing-masing girder memiliki panjang hingga 40 meter.

Pihaknya turut menuturkan pembangunan lain pada proyek PUPR seperti 22 stadion salah satunya Stadion Maguwoharjo, semua progresnya telah diinspeksi oleh FIFA.

“Nah kalau stadion seperti Maguwoharjo progresnya masih oke semua, dan Insyallah ditahun ini juga,” imbuhnya.▪︎(FEND)