Tanggap Krisis Pangan, Pemkab Lamongan Salurkan Banpang & Bansos

31 dibaca

▪︎LAMONGAN – POSMONEWS.com,-
Dalam rangka mengantisipasi krisis pangan akibat fenomena El Nino, Pemerintah Kabupaten Lamongan bersama Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Perum Bulog hingga Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) salurkan bantuan pangan (Banpang) dan bantuan sosial (Bansos).

Pagi ini, Kamis (27/06/2024) Bupati Lamongan Yuhronur Efendi salurkan Banpang dan tasyarufkan zakat di tiga kecamatan sekaligus (Kecamatan Deket, Kecamatan Glagah, dan Kecamatan Karangbinangun).

“Penyaluran bantuan ini bertujuan untuk menjaga ketahanan pangan dan antisipasi krisis pangan, yang disebabkan oleh fenomena El Nino. Selama enam bulan berturut-turut bantuan pangan akan terus kami salurkan,” tutur Pak Yes sapaan akrabnya.

Guna mencegah food loss and waste, orang nomor satu di Kota Soto ini mengajak seluruh masyarakat untuk memanfaatkan bahan pangan sebaik-baiknya atau sesuai kebutuhan.

Pagi ini tercatat sebanyak 1.810 kg Banpang telah disalurkan di Desa Dlanggu Kecamatan Deket, 400 kg Banpang telah disalurkan di Desa Meluntur Kecamatan Glagah, 690 kg Banpang diterima oleh masyarakat Desa Meluwur Kecamatan Glagah, dan 910 kg Banpang telah disalurkan ke Desa Patutbangah Kecamatan Karangbinangun.

“Paket Banpang berisi 10 kg beras, disalurkan selama enam bulan berturut-turut dan
program 1 desa 5 mustahik
rutin disalurkan setiap satu semester sekali. Pada semester pertama tahun8 2024 akan tuntas pada akhir bulan Juni ini. Secara keseluruhan ada 2.370 mustahik,” kata Pak Yes.

Hari ini ada 85 mustahik yang sudah menerima bantuan di Kecamatan Deket, 145 mustahik di Kecamatan Glagah, dan 105 mustahik di Kecamatan Karangbinangun.
▪︎[DANAR/ARIFIN]