Jemaah Haji Kota Batu Tiba, 1 Orang Wafat di Tanah Suci

152 dibaca

▪︎KOTA BATU – POSMONEWS.com,-
Pemkot dan Kemenag Kota Batu beserta Unsur terkait lainnya menyambut kepulangan Jamaah Haji Kota Batu Kloter 14, sebanyak 206 orang pada Rabu (26/6/2024) di Masjid Sultan Agung Kota Batu.

Kepala Kemenag Kota Batu, Machsun Zain, mengatakan pesawat yang ditumpangi para Jamaah Haji mendarat  lebih awal di Bandara Juanda  Surabaya pada pukul 04.00  WIB, yang semula diperkirakan mendarat pada pukul 05.00 WIB.

Jamaah Haji kemudian diberangkatkan menuju Asrama Haji Embarkasi Surabaya untuk dilakukan penyerahan stamp dari pihak Imigrasi, serta penerimaan Air Zam-Zam yang masing-masing Jamaah mendapat 5 liter, sebelum akhirnya dipulangkan ke Kota Batu menggunakan Bus dengan pengawalan.

“Alhamdulillah semua Jamaah landing di bandara Juanda hari ini pukul 04.40 yang semula pukul 05.00. tapi lebih awal, setelah turun dari Juanda, ada proses apron. Jadi Jamaah turun dari pesawat kemudian naik bus ke embarkasi Surabaya tepatnya di Asrama Haji,” jelasnya.

Lebih lanjut, dari total 207 Jamaah Haji yang diberangkatkan Mei lalu,  terdapat 12 Jamaah Haji mutasi dari Kemenag Kabupaten Malang, dan satu dari 12 Jamaah Haji mutasi tersebut dikonfirmasi wafat di Tanah Suci. Jamaah Haji tersebut diketahui berasal dari kecamatan Dau kabupaten Malang atas nama H. Munari yang saat wafat berusia 71 tahun.

“Informasi yang saya terima dari petugas haji kloter 14 bahwa Jamaah haji kota batu itu 1 orang dinyatakan wafat, dan sehingga yang pulang saat ini berjumlah 206,” tuturnya.

Plt Kabag Kesra Setda Kota Batu, Lilik Fariha menambahkan, 2 orang Jamaah Haji tengah dalam kondisi sakit sehingga pihak keluarga langsung menjemput ke asrama haji, sehingga jemaah tersebut tidak bisa mengikuti kegiatan di Masjid Sultan Agung Kota Batu.

“Alhamdulillah semua aman terkendali, 1 orang dikabarkan dipindahkan dari bis ke ambulans di Rest Area Pandaan jadi nanti gak kesini langsung ke rumah sakit,” ungkapnya.

Diharapkan seluruh Jamaah haji mendapat haji yang mabrur dan mampu membagi pengalaman serta memberi manfaat bagi keluarga dan masyarakat atas pengalaman spiritualnya di Tanah Suci.▪︎[AHM/Cha]