Proges Pembebasan Lahan Mega Proyek Jalan Tol Kudus

81 dibaca

▪︎KUDUS – POSMONEWS.com,-
Mega proyek pembangunan Jalan Tol Demak-Tuban dari Pemerintah Pusat, direncanakan bakal melewati sembilan desa dan 3 kecamatan di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Pembebasan lahan untuk Jalan Tol Kudus pun direncanakan berlangsung tahun 2024 ini.

Ketua Komisi C DPRD Kudus, Rochim Sutopo, menyampaikan sesuai rencana pembebasan lahan hingga proses ganti untung tanah milik warga memang berlangsung pada tahun ini.

Meski begitu, pihaknya belum menanyakan kembali sejauh mana proses ini. Apakah sudah mulai dilakukan oleh eksekutif, atau belum dilakukan sama sekali.

”Seharusnya pembebasan lahan dan ganti untung memang di tahun 2024, namun kami belum komunikasi kembali dengan pemerintah soal ini,” kata Rochim dalam keterangannya.

Pihaknya mengungkapkan, pembangunan tol tentu memberikan manfaat yang banyak bagi pembangunan, utamanya kelancaran distribusi. Sehingga dia berharap prosesnya bisa segera dilaksanakan.

Sementara itu Pj Bupati Kudus, H.M. Hasan Chabibie, sendiri mengungkapkan hal yang sama. Dia menyebut saat ini belum ada komunikasi kembali soal pembangunan jalan tol di Kudus sebagai bagian dari  Jalan Tol Demak-Tuban.

”Coba kami pelajari dan kami tanyakan terlebih dahulu ya, namun yang jelas saat ini belum kami belum mendapat laporan adanya progres ini,” ungkapnya.

Di Kabupaten Kudus sendiri, panjang Jalan Tol Demak-Tuban yang akan melalui Kota Kretek hanya sepanjang 8,3 kilometer saja. Adapun desa yang akan dilalui proyek ini ialah sebagai berikut.

Sedangkan di Kecamatan Mejobo tol akan melalui Desa Kesambi, Desa Termulus dan Desa Jojo. Selanjutnya Kecamatan Undaan akan melalui Desa Undaan Lor, Desa Wates, Desa Karangrowo dan Desa Ngempak. Kemudian Kecamatan Jekulo ada di Desa Bulung Cangkring danDesa Bulung Kulon.

▪︎Rencana Tahun 2025

Rencana pembangunan mega proyek Jalan Tol  Demak-Tuban akan melintasi Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, direncanakan akan dimulai tahun 2025. Sementara untuk pembebasan lahannya, dimulai tahun 2024 ini.

Kabupaten Kudus, nantinya juga akan diberi jatah satu pembangunan exit tol dan juga satu rest area. Meski begitu  keputusannya masih dinamis.

Sebagai informasi, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, akan menerima jatah pembangunan exit tol di proyek pembangunan Tol Demak-Tuban. Selain itu, Kudus juga akan mendapat bagian pembangunan rest area tol.

Dua pembangunan tersebut, sesuai rencana akan dipusatkan di Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Pembangunan exit tol akan dilakukan di Desa Gulang, sementara pembangunan rest area ada di Desa Temulus.

Panjang Jalan Tol Demak-Tuban yang akan melalui Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mengalami penyusutan. Di mana pada rencana baru trase tolnya hanya sepanjang 8,3 kilometer saja.

Sementara panjang jalan tol yang akan melalui Kudus pada rencana awal adalah sepanjang 15,8 kilometer dari total panjang jalan tol yakni 171,934 kilometer.▪︎[FEND]