Preventif Bullying, Babinsa 0812/15 Karanggeneng Binluh ke Sekolah

35 dibaca

▪︎LAMONGAN – POSMONEWS.COM,-
Bullying merupakan tindakan yang pada dasarnya memiliki ancaman pidana hukum. Dampak yang ditimbulkan karena bullying ini bisa berakibat fatal. Mulai trauma psikis bahkan sampai berujung maut.

Pengalaman yang sebelumnya terjadi di Karanggeneng, Kab Lamongan, terjadi kasus yang semula dianggap bullying ternyata tidak terbukti. Namun untuk mencegah kasus serupa maka harus dilakukan antisipasi sebagai langkah preventifnya.

Menyadari akan buruknya dampak bullying di kalangan Sekolah, Kodim 0812/Lamongan melalui Babinsa Koramil 0812/15 Karanggeneng melakukan kegiatan pembinaan dan penyuluhan (binluh) ke Sekolah untuk mengingatkan kepada guru, siswa hingga staff untuk tidak melakukan tindakan bullying dan menghindari tindakan kekerasan.

Adalah Serma Wardoyo, salah satu Babinsa Koramil 0812/15 Karanggeneng yang memberikan pembinaan dan penyuluhan terkait dampak bullying kepada Siswa-Siswi MI Al-Mukhlisin, Desa Banjarmadu, Kecamatan Karanggeneng, Jumat (14/6/2024) kemarin.

Di hadapan para Siswa, Babinsa secara aktif menyampaikan agar menghindari bullying dalam bentuk apapun. Baik berupa ejekan apalagi bullying dalam bentuk kekerasan fisik yang bisa berakibat fatal dan berujung pidana sehingga bisa merugikan diri sendiri, korban dan juga pihak sekolah.

“Mari bersama-sama saling menjaga, saling mengingatkan dan memastikan tidak terjadi tindakan kekerasan dan bullying di lingkungan sekolah khususnya di MI Al-Mukhlisin ini. Kuncinya adalah sesama teman kita harus saling menghormati dan menghargai,” himbau Serma Wardoyo di hadapan para Siswa.

Selain itu, Babinsa Serma Wardoyo juga mengingatkan kepada para Guru untuk mengawasi anak didiknya terkait tindakan bullying dan kekerasan. Sehingga hal hal yang tidak diinginkan dapat dicegah dan diminimalisir.

“Saya harap kepada Bapak Ibu Guru agar terus berperan aktif dalam mengawasi Anak didiknya. Dengan demikian, dapat mencegah tindakan yang tidak kita inginkan. Karena peran Ibu Bapak Guru sangatlah penting dalam mengawasi dan membimbing Siswa Siswi di Sekolah,” ungkasnya.

Adapun, Kepala MI Al-Mukhlisin Desa Banjarmadu, Ibu Masriah mengucapkan banyak terimakasih kepada Koramil 0812/15 Karanggeneng yang peduli dan berkenan memberikan bimbingan serta penyuluhan kepada anak didiknya khususnya dalam mencegah terjadinya perundungan atau bullying yang marak terjadi.▪︎[DANAR SP]