Jelang Idul Adha, Cek Harga Harga dan Persediaan Sembako

43 dibaca

▪︎Jajaran Kodim 0812 – Dinas Terkait Gelar Monitoring

▪︎LAMONGAN – POSMONEWS.COM,-
Dalam rangka memastikan kestabilan harga sembilan bahan pokok (sembako) jelang Hari Raya Idul Adha 1445 hijriah, Babinsa jajaran Kodim 0812 Lamongan bersinergi bersama Bhabinkamtibmas dan Pemerintah Daerah dalam melakukan pemantauan situasi dan monitoring terhadap harga sembako. Monitoring itu dilakuan di beberapa Pasar yang tersebar di wilayah Kabupaten Lamongan, Sabtu (15/6/2024).

Dalam upaya memastikan harga kestabilan harga pokok sembako yang dilakukan Jajaran Babinsanya ini, Komandan Kodim 0812 Lamongan Letkol Arm Ketut Wira Purbawan S.I.P. M.Han., di sela kegiatan mengatakan, bahwa pemantauan situasi dan monitoring harga secara langsung ditanyakan kepada pedagang yang bertujuan untuk mewaspadai kenaikan harga yang tak wajar tanpa mengikuti kebijakan dari Pemerintah sesuai harga normal.

“Kami melakukan monitoring tidak hanya sebatas pada harga Sembako saja namun situasi kondisi keamanan dan ketertiban di Pasar juga menjadi perhatian khusus,” ucapnya.

Ia menambahkan, Sembako merupakan bahan pokok yang dibutuhkan oleh masyarakat, sehingga ketersediaan Sembako tersebut perlu di perhatikan, agar tidak ada Oknum yang menimbun guna mencari keuntungan sendiri dan merugikan Masyarakat banyak terlebih menjelang Hari Raya Idul Adha.

“Untuk pemantauan harga sembako meliputi beras, tepung, minyak goreng, telur, gula, dan lainnya. Sampai hari ini harga sembako selain beras relatif stabil atau belum mengalami kenaikan,” ungkapnya.

Pemegang tongkat Komando Kodim 0812/Lamongan tersebut juga menambahkan bahwa pelaksanaan pemantauan situasi dan monitoring yang dilakukan oleh Babinsa Jajarannya itu sebagai bentuk dan peran setiap Personel TNI Angkatan Darat (TNI AD) dalam mengayomi masyarakat serta Kegiatan ini sebagai bentuk deteksi dini.

“Harapannya agar harga tidak melonjak secara drastis dengan menjaga pasokan dari pasar – pasar induk demi terwujudnya Ketersediaan bahan pokok. Ini juga merupakan salah satu bentuk peran aktif TNI AD melalui Babinsa untuk terus mengabdikan diri kepada Masyarakat, Bangsa dan Negara,” pungkasnya.▪︎[DANAR SP]