DPC Partai Demokrat Buka Pendaftaran Bacabup – Bacawabup Lamongan 2024

98 dibaca

▪︎LAMONGAN – POSMONEWS.COM,-
Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 semakin dekat, sejumlah partai telah membuka penjaringan pendaftaran Bacabup-Bacawabup Kabupaten Lamongan Jawa Timur.

Di Kabupatan Lamongan sendiri ada beberapa partai telah membuka pendaftaran dan sudah mengantongi Bakal Calon yang sudah mendaftar, diantaranya PAN, PKB dan PDI Perjuangan.

Tak ketinggalan pula dilakukan oleh DPC Demokrat Lamongan saat ini telah membuka pendaftaran dan penjaringan putra-putri terbaik sebagai Bacabup-Bacawabup Pilkada 2024 Kabupaten Lamongan.

Pendaftaran dibuka mulai hari ini Selasa, (30/04/2024) pukul 03:00 WIB selama 7 hari kedepan dan ditutup pada tanggal (7-5-2024) mendatang.

Sebagaimana diketahui pembukaan pendaftaran dilakukan,  usai melakukan Rapat Internal Partai pada Selasa (30/4/2024) sore.

Akhirnya DPC Partai Demokrat Kabupaten Lamongan memutuskan melakukan penjaringan Bakal Calon Bupati (Bacabup), dan Bakal Calon Wakil Bupati (Bacawabup), dalam Pilkada Lamongan November 2024 mendatang.

Penjaringan dibuka mulai 30 April-7 Mei 2024. Dengan dibukanya Pendaftaran Bacabup dan Bacawabup tersebut, Partai Demokrat Lamongan tercatat menjadi Partai Ketiga yang membuka penjaringan Kepala Daerah. Penjaringan Kepala Daerah akan ditangani langsung Tim Khusus yang dinamai Satgas Pilkada DPC Partai Demokrat.

Usai dibuka sejumlah nama mulai dari Politisi hingga pengusaha di Lamongan sudah melakukan Komunikasi kepada Partai Demokrat Lamongan.

”Namun sejauh ini baru bersifat lisan saja, tapi sudah mulai merespon penjaringan ini,” ujar Davis Saputra Juru Bicara Satgas Pilkada DPC Partai Demokrat Lamongan, usai rapat internal partai di Kantornya Jalan Sumargo.

“Dengan dibukanya pendaftaran sekaligus penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah ini, selanjutnya pelayanan pendaftaran akan dibuka mulai pukul 08:00 WIB hingga 16:00 WIB. Kendati demikian meski hari libur pendaftaran Bakal Calon Kepala Daerah ini tetap dibuka,” tambah Dokter Davis panggilan akrabnya.

Meski bersifat penjaringan, namun tidak menutup kemungkinan pula jika ada kader Partai Demokrat yang ingin maju melalui Partainya, maka tetap akan melewati prosedur yang ditentukan, termasuk harus ikut dalam seleksi yang dilakukan oleh DPP Partai Demokrat, “tidak ada upaya mempersulit siapapun dalam proses pendaftaran calon tersebut,” tegas Davis.

Karena mengarah ke Koalisi, maka Davis menegaskan, jika pihaknya tidak bisa Egois untuk menentukan Bakal Calonnya maju sebagai Bupati atau Wakil Bupati.

“Sehingga kesepakatan Koalisi inilah yang akan menentukan siapa yang pantas maju sebagai Calon Bupati Atau Wakilnya,” tegasnya.

Prosesnya kata Davis, tetap DPP Partai Demokrat yang akan memberikan Rekomnya. Dengan dimulai proses menyodorkan sejumlah nama yang masuk penjaringan ke DPD Partai Demokrat Jawa Timur, kemudian dilanjutkan dengan menyerahkannya ke DPP.

“Sehingga keputusan Rekomnya ada di DPP, kita kebagian menjaring dan mengusulkan saja, diterima tidaknya keputusan ada pada Ketum DPP Partai Demokrat,” terang Davis.

Sementara itu Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Lamongan Sugeng Santoso menimpali, jika penjaringan ini berlaku bagi siapa saja, masyarakat umum, baik Politisi, Pengusaha, maupun Tokoh Masyarakat, tentunya dengan mengacu hasil Survey yang akan dilakukan.

Namun pihaknya enggan mangajukan Bakal Calon Bupati yang menggembosi partainya.

“Masak kita mencalonkan Bupati orang yang menggembosi Partainya,” tegasnya tanpa mau merinci apa yang dimaksud dengan menggembosi partai.

“Yang jelas, pembukaan sifatnya untuk umum, menjaring putra-putri terbaik untuk Lamongan kedepanya. Saat ini sudah ada 4 bakal calon yang sudah koordinasi, yang mau mendaftar di DPC Demokrat, selanjutnya kita tunggu konfirmasi bakal calon. Tidak ada kriteria khusus, kami hanya menjalankan proses pendaftaran, selanjutnya DPP yang mengambil kebijakan. Dan itu nantinya diproses berdasarkan survei,” pungkas Ketua DPC Demokrat Lamongan, pada awak media.
▪︎[DANAR/ARIFIN]