Pj. Wali Kota Malang Tinjau Pelaksanaan PSU Tiga TPS

108 dibaca

▪︎KOTA MALANG-POSMONEWS.COM,-
Pemungutan Suara Ulang (PSU) secara serentak dilaksanakan di tiga Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang seluruhnya berada di wilayah Kecamatan Lowokwaru, yaitu TPS 48 Kelurahan Jatimulyo, TPS 14 dan TPS 37 Kelurahan Mojolangu, Sabtu (24/2/2024). Coblosan ulang ini hanya khusus untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI.

Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Wahyu Hidayat, saat meninjau proses PSU di TPS 37 Kelurahan Mojolangu menyebutkan pelaksanaan PSU di tiga TPS ini secara umum berjalan lancar dengan rata-rata tingkat partisipasi pemilih di masing-masing TPS cukup tinggi.

“Alhamdulillah dari tingkat kehadiran untuk PSU ini lebih dari 50 persen, jadi alhamdulillah berjalan lancar,” terangnya.

Wahyu mengatakan bahwa secara keseluruhan pelaksanaan pemilu di Kota Malang, termasuk saat ini berjalan dengan lancar. Semua tahapan rangkaian Pemilu telah dilakukan dengan baik oleh seluruh pihak. Wahyu berharap nantinya kelancaran ini akan terus berlanjut hingga proses perhitungan suara di tingkat kecamatan selesai.

“Sejauh ini tidak ada TPS yang menjadi perhatian khusus pemerintah. Tapi dari total keseluruhan TPS yang ada, hanya tiga yang kami evaluasi. Tentunya ini menunjukkan penyelenggaraan pemilu di Kota Malang cukup berhasil,” jelasnya.

Seperti telah diinformasikan sebelumnya, PSU di tiga TPS ini dilakukan karena adanya rekomendasi dari panitia pengawas melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Lowokwaru yang diterima oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang. Penyebabnya adalah karena adanya pemilih yang tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Khusus (DPK), maupun Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) akan tetapi tetap diberikan hak pilih di tiga TPS tersebut.

Ketua KPU Kota Malang, Aminah Asminingtyas mengatakan bahwa sesuai dengan peraturan, penyelanggaraan PSU ini dilakukan terhitung maksimal sepuluh hari dari waktu pemilu pertama diselenggarakan.

“Hari ini dipilih sebab jika dihitung dari tanggal 14 kemarin, hari ini merupakan hari maksimal penyelenggaraan PSU,” terangnya.

Aminah mengungkapkan tingkat partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan PSU ini terbilang cukup baik, dengan rata-rata tingkat kehadiran berada di atas 50 persen. Di TPS 48 Kelurahan Jatimulyo dari 216 DPT yang terdaftar, 110 DPT terpantau hadir dan melakukan pencoblosan ulang.

Sementara di TPS 37 Kelurahan Mojolangu, dari 258 DPT terdaftar, sebanyak 148 DPT hadir. Kemudian di TPS 14 yang juga berada di Kelurahan Mojolangu, sebanyak 160 pemilih hadir dari total 258 DPT terdaftar.

Lebih lanjut Aminah menyampaikan, hingga saat ini secara umum proses rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kecamatan berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala khusus dalam proses rekapitulasi.

“Untuk tiga kecamatan sudah selesai proses rekapnya, tinggal proses finalisasi yang bersifat administratif. Yang masih running saat ini (kecamatan) Kedungkandang dan Lowokwaru ini. Mudah-mudahan dua hari ke depan ya bisa selesai semuanya,” pungkasnya.▪︎ (AHM/iu)