Menteri PUPR: Kembangkan Smart Water Management

137 dibaca

▪︎Dalam Acara Workshop HUT Ke-34 Perum Jasa Tirta I

▪︎MALANG – POSMONEWS.COM,-
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, menghadiri Workshop Hari Ulang Tahun Ke-34 Perum Jasa Tirta I dengan tema “Transformasi BUMN Pengelola Sumber Daya Air yang Berkelanjutan” di Kota Malang, Jawa Timur, Senin (19/2/2024) lalu.

Dalam kesempatan tersebut,
Menteri PUPR menyampaikan apresiasi kepada keluarga besar Perum Jasa Tirta (PJT) I yang dengan spirit Brantas-nya telah membawa PJT I menjadi pengelola sumber daya air yang terkemuka dan menjadi contoh bukan hanya di Indonesia tapi juga di regional ASEAN.

“Spirit Brantas adalah sikap pantang menyerah untuk mengelola sumber daya air dengan baik. Semangat tersebut yang mendasari kepercayaan Pemerintah kepada PJT I dengan penambahan wilayah kerja, bukan hanya di Sungai Brantas, tetapi juga di Sungai Bengawan Solo, Toba Asahan, Serayu Bogowonto, dan Jratunseluna,” kata Menteri Basuki.

Menteri PUPR berpesan kepada PJT I untuk terus mengembangkan diri dalam menghadapi berbagai tantangan pengelolaan sumber daya air, salah satunya dengan implementasi Smart Water Management.

Smart Water Management menggunakan data terkini (real time) sehingga akan memudahkan untuk mengukur kuantitas, kualitas, efisiensi penggunaan air, dan pemantauan keamanan infrastruktur sumber daya air, penanganan risiko bencana alam yang berkaitan dengan air, seperti banjir dan kekeringan.

“Saya bangga dan berterima kasih karena menurut saya PJT I telah mulai mengimplementasikan Smart Water Management dalam transformasinya. Saya juga titip kepada PJT I untuk selalu mengutamakan aspek operasi dan pemeliharaan,” kata Menteri Basuki.

Selain itu, Menteri PUPR RI juga mengapresiasi PJT I yang telah mengembangkan potensi sumber daya air untuk mendukung proses transisi energi. Salah satunya melalui kerja sama dengan PT Pembangkit Jawa Bali (PJB) dalam pembangunan PLTS Terapung di Waduk Sutami, Kabupaten Malang.

Direktur Utama Perum Jasa Tirta I, Fahmi Hidayat, mengatakan Perum Jasa Tirta I siap bertransformasi untuk mengelola sumber daya air yang lebih berkualitas, demi meningkatkan akses masyarakat terhadap air.

“Kami berharap tetap dapat mendapat binaan dan dukungan dari Kementerian PUPR agar Perum Jasa Tirta I bisa menjadi lebih baik dan lebih berkembang dalam pelaksanaan tugas yang diamanahkan Pemerintah,” kata Fahmi.

Turut hadir mendampingi Menteri PUPR RI, Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR RI Mohammad Zainal Fatah, Direktur Jenderal Sumber Daya Air Bob Arthur Lombogia, Direktur Bina Operasi dan Pemeliharaan Muhammad Adek Rizaldi, Direktur Sungai dan Pantai Dwi Purwantoro, Kepala BBWS Brantas Hendra Ahyadi, Kepala BBWS Bengawan Solo Maryadi Utama, Kepala BBWS Serayu Opak Gatut Bayuadji, dan Kepala BBWS Pemali Juana Harya Muldianto.▪︎[FEND/AHM]