Upaya Pencegahan Kenakalan Remaja dan Bullying di Sekolah

161 dibaca

▪︎MALANG – POSMONEWS.COM,-
Polres Malang terus melakukan langkah preventif guna mempersempit kasus bullying dan kenakalan remaja yang kerap terjadi di kalangan pelajar di sekolah-sekolah. Upaya terbaru dilakukan hari ini ketika petugas kepolisian secara aktif terlibat dalam sosialisasi pencegahan di sekolah-sekolah.

Pada Senin (29/1/2024), Brigadir Gezha, Bhabinkamtibmas Polsek Ponokusumo, secara intensif melibatkan diri dalam memberikan sosialisasi di SDN 01 Poncokusumo, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Kegiatan ini berlangsung dalam rangka inspektur upacara bendera yang dihadiri oleh ratusan siswa.

Dalam sosialisasinya, Brigadir Gezha mengangkat isu-isu yang kerap menghantui lingkungan sekolah, seperti kenakalan remaja, tawuran pelajar, dan bahaya bullying. Dengan penuh semangat, petugas kepolisian tersebut memberikan pemahaman kepada siswa-siswa tentang pentingnya menjaga perilaku yang baik di lingkungan sekolah dan masyarakat.

“Kami berkomitmen untuk terus bersinergi dengan pihak sekolah dan masyarakat dalam mencegah dan menanggulangi permasalahan kenakalan remaja. Melalui sosialisasi ini, kami berharap siswa-siswa dapat lebih peka terhadap dampak negatif dari perilaku negatif, seperti tawuran dan bullying,” ujar Brigadir Gezha.

Selain memberikan pemahaman, petugas kepolisian juga memberikan informasi terkait cara melaporkan kejadian-kejadian yang terkait dengan tindak kejahatan di lingkungan sekolah. Hal ini diharapkan dapat memberikan rasa aman dan kepercayaan kepada siswa untuk lebih aktif berperan dalam menjaga ketertiban di lingkungan pendidikan.

Sementara itu, terpisah Kasihumas Polres Malang, Ipda Muhammad Adnan, menyatakan bahwa upaya pencegahan ini sebagai bagian dari strategi Polres Malang dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang aman dan nyaman.

“Kami tidak hanya menindak tegas pelaku kejahatan, tetapi juga berupaya keras dalam pencegahan. Sosialisasi di sekolah merupakan salah satu langkah nyata kami dalam menjalin komunikasi yang baik dengan generasi muda,” kata Ipda Adnan.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan Polres Malang dapat semakin mendekatkan diri dengan masyarakat, khususnya para pelajar, dalam upaya menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan bebas dari tindakan kenakalan remaja serta bullying.
▪︎[AHM/Cha]
#humas polresmalan
#humas poldajatim