Talkshow One Local Government One Zona Integritas

386 dibaca

▪︎BATAM-POSMONEWS.COM,-
Integritas adalah kepribadian yang harus dimiliki setiap aparatur negara, hal tersebut disampaikan Wakil Ketua KPK Johanis Tanak dalam talkshow One Local Government One Zona Integritas (OLGOZI), yang ditaja oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (@kempanrb) di Batam, 4 Oktober 2023.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir sebagai pembicara Deputi Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Politik, Hukum, Keamanan, Pembangunan Manusia, dan Kebudayaan BPKP Iwan Taufiq Purwanto, perwakilan dari DPR RI, dan Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Bidang Komunikasi dan Media Faldo Maldini. Hadir pula sejumlah kepala daerah dari Provinsi Kepri, Kalimantan Tengah, dan Sulawesi Selatan.

Johanis menyebutkan, terkadang integritas yang dimiliki bisa luntur karena sifat serakah individu sehingga berujung pada tindak pidana korupsi. Ia menyoroti kasus yang umum terjadi pada pemerintahan daerah.

“Kalau kami menyimak apa yang ada di Pemda umumnya sudah baik, tetapi apapun alasannya masih ada juga yang tidak baik. Umumnya karena tidak pernah merasakan cukup. Maka, tidak hanya bapak-bapak yang kami beri sosialisasi korupsi tapi juga ibu-ibunya,” ujarnya.

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas yang hadir secara virtual menyampaikan, isu integritas dan akuntabilitas menjadi salah satu isu penting yang menjadi tantangan banyak negara, termasuk Indonesia.

”Dengan reformasi birokrasi berdampak, salah satunya melalui Zona Integritas, diharapkan terobosan ini dapat menjadi upaya pencegahan korupsi serta dapat menjamin integritas dan akuntabilitas individu dan lembaga pemerintah, agar setiap layanan dapat dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat,” ujar Abdullah.▪︎(Agus/Ida)