Bantu Warga Terdampak Kekeringan, Koramil Sarirejo Suplai Air Bersih

106 dibaca

▪︎LAMONGAN-POSMONEWS.COM,-
Ancaman kekeringan sebagai dampak fenomena alam El Nino tidak hanya mengganggu produktivitas pangan dan pasokan air bersih di masyarakat. Sehingga untuk mengurangi risiko bencana tersebut diperlukan sistem pencegahan dan mitigasi secara terorganisir, terpadu, cepat, dan tanggap.

Kondisi kekeringan pada sejumlah lahan pertanian dan kesulitan air bersih di beberapa desa di berbagai daerah, termasuk di Kabupaten Lamongan mengindikasikan musim kemarau mulai berdampak di masyarakat, termasuk sulitnya air bersih sebagai kebutuhan primer warga.

Guna membantu dan mengurangi beban warga yang mengalami krisis air bersih pada musim kemarau yang berada di Kecamatan Sarirejo itulah, Babinsa Koramil 0812/25 Sarirejo jajaran Kodim 0812 Lamongan Serda Suliono dan Serda Suwito berperan aktif dalam membantu Donatur bersama PMI Kab Lamongan dalam melaksanakan dropping air bersih di dua Desa, yaitu Desa Gempoltukmloko dan Gempolemahbang kec Sarirejo Kab Lamongan, Jumat (15/9/2023).

Dalam hal ini Serda Suliono dan Serda Suwito menyampaikan bahwa dropping air bersih ini dilaksanakan untuk membantu warga yang mengalami musibah kekeringan di utamanya di kecamatan Sarirejo dengan mendatangkan mobil tangki yang di bantu Para Donatur dalam memberi bantuan air bersih.

Dari hasil monitor dan laporan masyarakat, khususnya Desa Gempoltukmloko dan Gempolemahbang kec Sarirejo Kab Lamongan termasuk desa yang mengalami kekeringan parah sehingga memicu para donatur dalam memberikan bantuan air bersih.

Bantuan seperti ini dirasa dapat meringankan beban masyarakat atas kebutuhan air bersih.

“Dengan bantuan air bersih dari para donatur dan PMI ini semoga bisa membantu kekurangan air bersih yang berada di wilayah binaan kami, saya selaku Babinsa selalu siap membantu penyaluran dan pengedropan air bersih sampai tercukupi bagi masyarakat di wilayah binaan, khususnya wilayah kecamatan Sarirejo,” terangnya.

Sementara itu Giman salah satu warga Desa Gempolemahbang menyampaikan, sangat antusias dan terima kasih kepada para donatur, PMI Serta Babinsa karena telah membantu kesulitan masyarakat di musim kekeringan ini.

“Saya juga sangat senang sekali dengan kehadiran pak Babinsa yang sudah peduli di desa kami dan selalu membantu dalam berbagai kesulitan seperti sekarang ini pada saat-saat musim kemarau ikut membantu droping air untuk kepentingan warganya yang kekurangan air bersih,” ucapnya.▪︎[DANAR SP]