Rektor UINSA: Jangan Tinggalkan Karakter Kesantrian

265 dibaca

▪︎Hadiri Wisuda STAI Ihyaul Ulum Gresik

▪︎GRESIK-POSMONEWS.COM,-
Koordinator Kopertais Wilayah IV Surabaya sekaligus Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya
Prof. Dr. H. Akhmad Muzakki, M.Ag., Grad.Dip. SEA., M.Phil., Ph.D. mengingatkan kepada para sarjana Sekolah Tinggi Agama Islam Ihyaul Ulum (STAIIU) Gresik supaya tidak meninggalkan karakter kesantrian.

“Kepada para wisudawan, teruslah meningkatkan kualitas diri, sekaligus mampu beradaptasi dengan kemajuan jaman. Jangan tinggalkan karakter kesantrian,” kata Prof. Muzakki dalam orasi ilmiah wisuda STAIIU di Hotel Horison Gresik, Minggu (16/7/2023).

Pesan Prof. Muzakki, alumni STAI Ihyaul Ulum harus memiliki optimisme dalam menyambut masa depan dan kuat bertauhid dalam profesi.

“Ikatlah usaha kalian dengan cita-cita, perkuat dengan doa. Do’a dari guru, orang tua, dosen, serta orang-orang terkasih,” katanya.

Karena setelah wisuda, lanjutnya, wisudawan akan masuk ke dunia baru. Ada yang bekerja, melanjutkan sekolah, dan hidup bermasyarakat. Maka, dibutuhkan sebuah kerja sama, sinergitas, kolaborasi yang harus dimiliki anak-anak muda jaman sekarang.

Hadir juga dalam acara tersebut, Nur Hamida, S.Pd., M.Pd. dari Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik, yang mewakili Bupati Gresik.

“Para alumni dan seluruh Civitas Akademik STAI Ihyaul Ulum dapat bersinergi dalam mensukseskan program-program yang digagas oleh Dinas Pendidikan demi kemajuan pendidikan di Kabupaten Gresik. Selamat dan sukses kepada para wisudawan, Jaga nama baik almamater, jangan pernah melupakan almamater. Kita tidak akan pernah menjadi apa-apa tanpa almamater yang telah mengantarkan kita pada titik saat ini,” ujarnya.

Sementara pemangku Pondok Pesantren Ihyaul Ulum KH. Afif Ma’sum berpesan kepada para wisudawan untuk istiqomah menjadi pribadi dan sosok yang baik dan bermanfaat di tengah-tengah masyarakat.

Di akhir sambutan, Kiai Afif, sapaan akrab beliau, menegaskan kepada seluruh hadirin dan para wisudawan khususnya, agar hendaknya memiliki keyakinan yang sungguh-sungguh atas apa yang kita kehendaki yang diiringi dengan doa dan ikhtiar, insyaallah akan tercapai.

“Selamat dan sukses, semoga ilmu yang diraih selama di STAI Ihyaul Ulum Gresik, bermanfaat untuk masyarakat bangsa dan negara,” tutur Kiai Afif.

Acara wisuda dipungkasi dengan pemberian penghargaan kepada para Wisudawan Terbaik dari Prodi Pendidikan Agama Islam dan Ekonomi Syariah oleh Senat STAI Ihyaul Ulum Gresik, Drs. H. Hilal Dip.Is., M.H.I Wisuda diikuti dari Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Ekonomi Syariah (ESy).▪︎[FA]