Greenrock in Collaboration: Wadah Baru Komunitas Otomotif di Indonesia

594 dibaca

▪︎MALANG – POSMONEWS.COM,-
Project event Niscala bersama Greenrock Campers yang akan diikuti oleh ratusan peserta pecinta otomotif yang tergabung dalam komunitas otomotif di Indonesia, kini sudah tidak sabar menantikan Greenrock sebagai tuan rumah.

Gelaran main event “Greenrock in Collaboration” sendiri merupakan sebuah project mata kuliah Praktikum Public Relations: Management Event di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang digarap langsung oleh kelompok praktikum Niscala.

Adapun tujuan dari adanya mata kuliah ini adalah agar mahasiswa Ilmu Komunikasi UMM dapat belajar bagaimana memperkuat citra klien dengan praktik-praktik Public Relations (PR).

Sesuai rilis yang diterima posmonews.com, ketua panitia event Rossa Anindya Raisa Mahardika menyampaikan bahwa event-event yang diselenggarakan oleh praktikan-praktikan PR tersebut didampingi langsung oleh Jamroji, S.Sos., M.Comms, yang telah terjun menjadi dosen pengampu mata kuliah tersebut selama 8 tahun beserta Ibu Maharina Novia Zahro, S.Ikom., M.Ikom, dengan pendampingan dari para dosen pengampu.

“Artinya segala output dari praktikan-praktikan diarahkan secara langsung oleh pihak profesional,” terang Rossa Minggu (28/5/2023).

Pada hari Kamis (25/5/2023), kolaborasi event tersebut telah dipaparkan oleh Niscala secara langsung di Greenrock Cafe yang ada di dalam area campground. Tak hanya dihadiri oleh Mas Yanuar Baihaqi dan Mbak Rosa sebagai para pengurus campground, pemaparan ini juga turut dihadiri oleh dosen pengampu yaitu Bapak Jamroji, S.Sos., M.Comms. dan Ibu Maharina Novia Zahro, S.Ikom., M.Ikom. beserta para asisten praktikum.

Greenrock Campers sendiri merupakan campground yang unggul dalam fasilitas, dan adanya hal ini menjadi salah satu keunggulan yang dapat dimanfaatkan dengan baik.

“Ada banyak perusahaan-perusahaan didaerah-daerah dengan cuaca panas bisa melakukan gathering disini, jadi Greenrock Campers bisa menjadi salah satu pilihan untuk mereka,” terang Maharina.

Melalui peluang-peluang serta keunggulan yang dimiliki Greenrock Campers, Niscala sebagai mahasiswa Public Relations Ilmu Komunikasi UMM berkesempatan membantu campground yang dikelola oleh 5 owner ini untuk menciptakan wadah baru dan memperbesar jangkauannya.

Niscala juga ingin menumbuhkan citra baik dari masyarakat terhadap Greenrock Campers melalui kegiatan dengan isu sosial seperti membantu pihak-pihak yang membutuhkan atau melakukan charity.

“Greenrock Campers untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan cara menggaet komunitas-komunitas otomotif di Indonesia,” jelas Maharina.

Dan komunitas yang disasar pada event ini memiliki beberapa kualifikasi seperti memiliki anggota 3000+, memiliki jangkauan anggota seluruh Indonesia, dan sering melakukan kegiatan charity.

Kualifikasi tersebut tentunya sejalan dengan tujuan yang ingin diraih oleh Greenrock Campers seperti salah satunya memperluas jangkauan pengunjung yang dibantu dengan kualifikasi anggota komunitas berjumlah 3000+ yang ada di seluruh Indonesia.

Tak lupa Bapak Jamroji juga mengingatkan, “Buat konten-konten media sosial yang mengedukasi pengunjung agar menjaga lingkungan Greenrock Campers yang nyaman dan asri, bisa seperti konten apa yang boleh atau tidak boleh dilakukan diwilayah campground ini”.

Selain menyuguhkan pemaparan mengenai event Niscala juga menyajikan beberapa merchandise dari Desa Wisata Edukasi Susu Brau seperti yoghurt, kue stik susu, dan permen susu. Dihidangkannya merchandise ini karena Desa Brau menjadi salah satu stakeholders event Niscala.

Seperti yang diketahui Desa Brau merupakan desa yang menjadi pemasok susu terbesar di Kota Batu dan sekitarnya. Bahkan dalam sehari Desa Brau mampu memasok susu sapi sebanyak 5000 Liter, para warga di desa tersebut pun populasinya lebih sedikit daripada jumlah sapi yang mereka miliki.

Desa Wisata Edukasi ini juga menawarkan experience kepada wisatawan yang datang kesana dengan melalui paket-paket wisata seperti pemerahan susu sapi, pengolahan keju, pengolahan susu pasteurisasi, sampai pengolahan permen susu.

“Rata-rata produk susu yang dikeluarkan oleh Desa Brau merupakan produk olahan homemade dari warga desa tersebut,” ungkapnya.

Dengan value-value tersebut akhirnya Niscala turut menggandeng Desa Brau untuk menjadi pendukung dalam event. Nantinya Niscala akan menghadirkan rangkaian event untuk para peserta komunitas otomotif seperti wisata edukasi susu bahkan sampai charity pembagian 1000 susu untuk para adik-adik di panti asuhan se-Malang Raya yang dikoordinir oleh Laz Persada Malang.

“Kegiatan kalian bersama Desa Brau ini juga bisa dikolaborasikan dengan Wisata Taman Kelinci, mengingat antara Desa Brau dan Taman Kelinci memiki struktural pengurus yang sama, selain itu para peserta event kalian nantinya pasti membawa anak-anak dan mereka bisa diajak berkeliling ke Taman Kelinci, hal tersebut bisa menjadi sesuatu yang menarik,” ucap Jamroji.

Banyak isu-isu yang akan diangkat oleh Niscala pada gelaran “Greenrock in Collaboration”. Selain edukasi dan isu sosial yang diangkat melalui kerjasama dengan Desa Brau, Niscala pastinya juga mengangkat isu budaya.

Sebagai campground yang berlokasi di area yang lekat dengan legenda Coban Rondo, kelompok PR ini akan mengangkat legenda tersebut kedalam rangkaian acara entertain pada malam puncak dalam bentuk “Sendratasik Legenda Coban Rondo”.

Selain melalui sendratasik, para peserta event juga diajak untuk berkenalan dengan budaya khas Malang melalui Tari Topeng yang berkolaborasi dengan salah satu stakeholders yaitu Sanggar Tari Sita. Tak hanya sebagai hiburan, disajikan juga dengan penampilan Tari Kontemporer yang turut mengajak para peserta untuk ikut berinteraksi dalam tarian tersebut.

Menggandeng komunitas otomotif di Indonesia untuk bersenang-senang pada rangkaian kegiatan yang telah dirancang tersebut merupakan sebuah langkah yang tepat.

Mengingat para anggota komunitas otomotif ini sudah tidak diragukan lagi kesolidannya, event kolaborasi ini juga menjadi wadah baru bagi mereka untuk semakin memperkuat persaudaraan sekaligus menjalankan kegiatan rutin mereka yaitu charity.

Kolaborasi ini juga membantu Greenrock Campers untuk memperluas jangkauannya dengan cara yang unik sekaligus membawa isu-isu yang menarik.

Project cantik antara Greenrock Campers dan Niscala diharapkan dapat membantu campground ini untuk menjadi opsi liburan camping keluarga dengan fasilitas terbaik di Jawa Timur yang memudahkan pengunjung untuk menciptakan momen indah dan berkesan saat camping bersama keluarga. Ayo, ciptakan kenangan terindah bersama Greenrock Campers!▪︎(AHM/DDT)