Team Eunoia dan Punya Chingu Hadirkan Workshop Menunjang Kreativitas Mahasiswa

569 dibaca

▪︎KOTA MALANG-POSMONEWS.COM,-
Team Eunoia membantu berkembangnya salah satu UMKM di Kota Malang yakni Punya Chingu sebagai semacam pelatihan praktis mata kuliah Praktikum Public Relations Ilmu Komunikasip Universitas Muhammadiyah Malang.

Melalui rilis yang diterima redaksi Posmonews.com pada Jumat (26/5/2023) menyampaikan, seperti yang kita tahu, Malang seringkali dijuluki Kotanya mahasiswa dikarenakan banyaknya kampus-kampus unggulan yang berada di Malang.

Selain itu, biaya hidup yang murah membuat Malang menjadi Kota yang digemari oleh mahasiswa atau bahkan calon mahasiswa.

“Banyaknya mahasiswa di Malang membuat perkembangan di era globalisasi ini cepat masuk dan menyebar, salah satunya budaya korea. Mulai dari bahasa, selera musik, hingga fashion,” jelas Rahmi Nadhifatul Nisak, Ketua Team Eunoia.

Fenomena ini disebut dengan Korean wave. Istilah “Korean wave” sering digunakan untuk
merujuk pada industri hiburan, khususnya musik K-Pop. Akibatnya, virus Korean Wave menginfeksi banyak pria dan wanita muda, menulari mereka dengan kecintaan terhadap
penampilan idolanya, termasuk pakaian yang dikenakan, gaya rambut, riasan, dan aksesoris
atau pernak-pernik yang dikenakan.

Setelah mengetahui hal ini, team Eunoia tidak dapat berpaling terhadap potensi yang dimiliki
Punya Chingu. Punya Chingu merupakan sebuah usaha produk Handmade manik-manik yang berdiri dari tahun 2014. Saat ini Punya Chingu lebih berfokus pada bidang fashion aksesoris manik-manik handmade dengan berkonsep korean girly aesthetic look.

“Melalui praktikum event management Public Relation 3 ini, team Eunoia menyampaikan
ide-ide kreatifnya untuk mengembangkan bisnis Punya Chingu dan bagaimana cara
mengimplementasikan hal tersebut. Eunoia menggandeng Punya Chingu untuk meningkatkan kreatifitas serta mengenalkan nama Punya Chingu kepada masyarakat Malang sebagai UMKM handmade manik-manik,” terangnya.

Setelah menjadwalkan meeting dan wawancara, Hani yang merupakan tim marketing Punya Chingu memberi izin untuk menjadi klien team Eunoia dalam praktikum event management Public Relation 3.

“Oh iya boleh, kami juga berterima kasih karena sudah mau dibantu,” ucap Hani berterima kasih setelah menjelaskan maksud dan tujuan team Eunoia.

Setelah melakukan riset dan mengolahnya, terbentuklah beberapa program yang dapat
dijalankan guna membantu Punya Chingu untuk lebih dikenal oleh masyarakat Malang Raya.

Acara utama pada kolaborasi kali ini adalah Workshop Beading Class dengan beberapa
rangkaian acara di dalamnya, seperti kelas meronce, pameran, runway fashion show dan juga beberapa booth untuk memeriahkan acara utama tersebut.

Nama program ini adalah “Mangu’s Day” yang diambil dari kata “Maniknya Chingu”.

Acara yang akan dilaksanakan pada 24 Juni 2023 mendatang ini bertujuan untuk memperkenalkan produk Punya Chingu dengan cara bagaimana pembuatan produk, sehingga peserta partisipan dapat mengetahui kualitas produk dari Punya Chingu.

Dalam acara ini juga bertemakan pastel dan cream yang mana mulai dari desain interior hingga pemilihan produk workshop akan sesuai dengan background Punya Chingu.

Untuk perlengkapan desain interior, akan didiskusikan dan dibantu oleh pihak Malang Town Square dimana tempat Mangu’s Day ini diadakan agar acara dapat berjalan dengan lancar.

Mangu’s Day adalah kegiatan workshop class yang dapat diikuti siapapun yang ingin mengembangkan kreativitasnya dalam bidang aksesoris manik-manik. Setelah pemateri Punya Chingu memberikan informasi tentang bagaimana Punya Chingu membuat produknya.

para peserta workshop bisa dengan bebas untuk mengkreasikan idenya mulai dari pemilihan warna, bentuk manik, hingga panjang manik-manik yang ingin dibuat.

Setelah workshop class selesai, rangkaian acara selanjutnya adalah pameran hasil workshop dari beberapa peserta yang terpilih. Nantinya ada beberapa meja yang dibawahnya kami tempelkan stiker secara random, yang mana stiker tersebut adalah penentu produk siapa saja yang akan di display pada sesi kegiatan.

Setelah workshop class selesai, rangkaian acara selanjutnya adalah pameran hasil workshop dari beberapa peserta yang terpilih. Nantinya ada beberapa meja yang dibawahnya kami tempelkan stiker secara random, yang mana stiker tersebut adalah penentu produk siapa saja yang akan di display pada sesi kegiatan pameran.

Dari peserta workshop yang hadir akan diberikan stiker untuk menampilkan produk mana yang paling ia sukai. Tidak hanya peserta workshop, pengunjung diluar juga akan diberikan kesempatan untuk menempelkan stiker sehingga acara pameran akan lebih hidup dan ramai.

Dan rangkaian acara terakhir adalah runway fashion show yang bertujuan untuk memberikan gambaran bagaimana produk Punya Chingu saat dipakai. Sebelum melaksanakan kegiatan yang sudah dirancang, team Eunoia memaparkan ide-ide
tersebut di rumah owner Punya Chingu.

Pemaparan ini dilakukan oleh team Eunoia di
hadapan owner sekaligus marketing dari Punya Chingu, pembimbing praktikum event
management Public Relation 3 yakni Bapak Jamroji, S.Sos., dan beberapa asisten praktikum.

Kolaborasi ini dilakukan dengan tujuan membekali mahasiswa Ilmu Komunikasi dalam bidang Public Relation dengan terjun langsung kepada masyarakat, agar setelah melewati praktikum ini mahasiswa mampu menjadi seorang Public Relation yang terampil.

Tujuan dari adanya pitching ini untuk memaparkan ide-ide dari team Eunoia dalam kegiatan kolaborasi bersama Punya Chingu demi kelancaran kegiatan yang sudah kami rancang.

Dalam kegiatan pitching tersebut, team Eunoia membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk mempersiapkan alat dan kebutuhan yang diperlukan dalam menunjang keberlangsungan pitching bersama klien seperti proyektor beserta layarnya, meja, kursi, hingga display produk dari Punya Chingu sendiri.

Kegiatan pitching yang dilakukan oleh team Eunoia berlangsung selama 1 jam. Dimulai dari pukul 18.00 WIB dan berakhir pada pukul 19.00 WIB. Di dalam sesi pitching tersebut team Eunoia juga mendapat beberapa pertanyaan, kritik, dan saran dari pihak Punya Chingu, asisten praktikum, dan dosen pengampu mata kuliah Praktikum Public Relations 3 yang berfokus pada event management.

Diharapkan pada kolaborasi ini bisa menjadi langkah strategis untuk mempererat kemitraan dengan industri terkait. Dengan demikian, rencana pengembangan kreativitas di masyarakat dapat berjalan dengan baik dan juga lebih dikenalnya Punya Chingu oleh masyarakat Kota Malang.▪︎(AHM/ D Tanto)