Kementerian PUPR Bantu Perbaikan Jalan Rusak

260 dibaca

▪︎NGAWI-POSMONEWS.COM,-
Pemerintah pusat akan memperbaiki empat ruas jalan di Ngawi tahun ini. Bantuan itu tertuang dalam Instruksi Presiden (Inpres) 3/2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah.

‘’Total anggaran Rp 66 miliar. Panjang ruas jalan yang diperbaiki sekitar 20 kilometer,’’ kata Kepala DPUPR Ngawi Mohammad Sadli, Jumat (19/5) lalu.

Dari empat paket proyek, alokasi terbesar pada rekonstruksi Jalan Raya Sidowayah–Kedunggalar senilai Rp 20,5 miliar (selengkapnya lihat grafis). Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kemungkinan akan melakukan lelang mulai bulan depan. ‘’Perbaikan selesai tahun ini,’’ ujarnya.

Sadli menyampaikan bahwa jumlah ruas jalan yang diperbaiki pusat masih bisa bertambah. Sebab pihaknya sebetulnya mengajukan anggaran bantuan perbaikan sekitar Rp 300 miliar.

‘’Empat ruas yang diperbaiki tahun ini sudah diverifikasi Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional VIII Jawa Timur-Bali,’’ ucapnya.

Menurut dia, inovasi perencanaan anggaran perbaikan jalan menjadi kunci pusat mengucurkan dana bantuan. Pihaknya membagi dana alokasi umum (DAU) untuk perbaikan ruas jalan konektivitas daerah. Sedangkan dana alokasi khusus (DAK) diarahkan untuk memperbaiki ruas jalan tematik.

‘’Seperti mendukung ketahanan pangan dan pariwisata,’’ ujarnya.

Sedangkan dari Sumber: DPUPR Ngawi menyebutkan;

BANTUAN PERBAIKAN JALAN DARI PUSAT
REKONSTRUKSI JALAN

Rp 20,5 miliar ruas Jalan Sidowayah-Kedunggalar

Rp 16,6 miliar ruas Jalan Kedunggalar-Jatigembol

PEMELIHARAAN BERKALA

Rp 15,2 miliar ruas Jalan Kayut-Widodaren

Rp 13,5 miliar ruas Jalan Randusongo-Majasem.
▪︎[FEND]