Kementerian PUPR segera Revitalisasi Keraton Solo

471 dibaca

▪︎SOLO-POSMONEWS.COM,-
Revitalisasi Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dipastikan mulai dikerjakan tahun 2023 ini setelah mendapat anggaran dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Wes beres, wes enek cantolane (anggaran). Tahun ini sudah mulai dikerjakan, kudu rampung,” kata Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Selain itu, Gibran sempat menjelaskan bahwa revitalisasi akan dikerjakan secara bertahap. Sedangkan fokusnya pada bangunan yang kerusakannya terlalu parah.

“Saiki tugasku ngobrol dengan beliau-beliau di keraton. Tak sodorkan, gusti ini setuju tidak, setuju langsung digarap. Jadi perlu persetujuan. Besok sama Gusti Purboyo, beliau sudah mendapat instruksi khusus dari Sinuhun nanti beliau pengen e pie kene nurut Sinuhun,” ungkap Gibran.

Disinggung soal besaran anggaran revitalisasi dari Kementerian PUPR, Gibran enggan mengungkapkan secara rinci.

“Sudah ada, saya kira cukup untuk tahun ini. Nanti tahun-tahun berikutnya bisa diajukan lagi, kayak Mangkunegaran ini lah. Anggarannya besar, ini kan bangunan cagar budaya. Intinya dari saya dan Kementerian PUPR siap, cantolan tahun ini harus selesai tahun ini juga,” katanya.

Di sisi lain, salah seorang kerabat Keraton Kasunanan Surakarta, GKR Koes Moertiyah Wandasari (Gusti Moeng), menuturkan prioritas bangunan mana yang akan diperbaiki sudah disampaikan ketika bertemu di Loji Gandrung beberapa waktu lalu. Namun, ia mengatakan ada beberapa bangunan prioritas.

Pemerintah Kota Surakarta, Jawa Tengah, memastikan Kementerian PUPR segera merevitalisasi Keraton Solo.

Mengenai bagian keraton yang menjadi titik prioritas revitalisasi, ia enggan menjawab. Menurut Gibran, yang paling penting adalah kesanggupan Kementerian PUPR untuk melakukan revitalisasi.

Menurutnya, konsep revitalisasi sudah dikirim ke pihak keraton, termasuk kajian juga sudah dikonsultasikan dengan Keraton Surakarta sebagai pemilik aset.

“Saya harus dapat persetujuan dari gusti-gusti dulu, intinya dari saya, PUPR sudah siap. Intinya tahun ini sudah ada cantolan-nya, nanti bertahap, kayak Mangkunegaran,” katanya.

Sebelumnya, adik Paku Buwono XIII Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Wandansari berharap revitalisasi dapat dilakukan secepatnya.

“Kalau bisa secepatnya, bangunan kan sudah ada,” katanya.

Mengenai desain, dikatakannya, akan menyinkronkan dengan yang ada. Ia juga meminta Pemkot Surakarta segera membentuk tim kecil untuk menyiapkan apa saja yang perlu direvitalisasi.

“Kalau bisa (isi tim kecil) putra-putri Sinuwun (PB) XII dan XIII. Siapa bisa kerja apa. Sinuwun memang pimpinannya, dawuh-nya (perintah) harus sinkron, kalau nggak pas ya kami sinkronkan,” katanya.

Sedangkan revitalisasi prioritas pertama yang ada di dalam keraton, salah satunya bangunan Songgo Buwono. Dia berharap niat untuk revitalisasi tersebut dapat segera terlaksana.▪︎[FEND/AHM]