Babinsa – Bhabinkamtibmas Pantau Kendaraan Pengangkut Hewan Kurban

342 dibaca

▪︎LAMONGAN-POSMONEWS.COM,-
Menjelang hari raya Idul Adha Babinsa Koramil 0812/09 Mantup Serka Kasto bersama Bhabinkamtibmas Polsek Mantup melaksanakan giat pemantauan dan penyekatan truk atau pun pickup yang mengangkut hewan ternak sapi dan kambing yang melintasi perbatasan Kec. Mantup Kab. Lamongan, Jumat (08/07/22).

Kegiatan yang tidak biasa karena Idul Kurban tahun 2022 ini dibayangi oleh wabah PMK yang menjangkiti hewan ternak terutama sapi. Padahal hewan ini merupakan salah satu ternak yang digunakan oleh kaum muslimin untuk kurban di Idul Adha.

Hal inilah yang membuat Babinsa dan Bhabinkamtibmas harus ikut berperan mencegah penyebaran wabah PMK ini lewat hewan ternak kurban yang dikirim antar kota atau daerah.

Giat pemantauan pengiriman hewan kurban ini dilaksanakan jajaran TNI dan Polri di Kec. Dawarblandong Mojokerto, tepatnya di Pos Pantau Desa Sumberdadi, Kecamatan Mantup.

Kendaraan yang mengangkut hewan ternak tersebut harus menunjukkan SKKH (Surat Keterangan Kesehatan Hewan) untuk mencegah penyebaran wabah PMK.

Serka Kasto menyampaikan untuk mengurangi penyebaran penyakit mulut dan kuku (PKM).”Kami bersama Bhabinkamtibmas Polsek Mantup dan muspika kecamatan Mantup terus memantau secara langsung agar tidak terjadi kecolongan,” katanya.

Secara terpisah Danramil 0812/09 Mantup Kapten Arm Yudi Kurniadi menyampaikan terus berkerja sama dengan pemerintah daerah agar bisa mengurangi terjadinya keluar masuk ke wilayah Kecamatan Mantup kabupaten Lamongan.

Kami juga melaksanakan penyemprotan disinfektan pada mobil yang melintasin pos yang membawa binatang seperti kambing, sapi yang akan di bawa ke pasar menjelang lebaran Idul Adha.**(DANAR SP)