Beri Bantuan Tunai-BTPKLW-TNI, Babinsa Data Calon Penerima

178 dibaca

▪︎LAMONGAN-POSMONEWS.COM,-
Peran TNI di tengah Pandemi bukan hanya sebagai garda terdepan membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19 terutama sosialisasi Prokes untuk memutus mata rantai penularan virus yang mematikan itu.

Namun peran lain yang tidak kalah pentingnya adalah bab pemberdayaan ekonomi karena di masa pandemi ini warga benar-benar terdampak dan merasakan betapa betapa sulitnya mengembalikan kehidupan ekonominya yang merosot.

Hal ini bisa dilihat di wilayah pedesaan, misalnya, kondisi sulitnya ekonomi warga saat pandemi Covid -19 itu membuat para pedagang kecil dan menengah di Desa Beru, Kecamatan Sarirejo butuh support. Karena itu di wilayah ini kembali akan mendapatkan bantuan program pemerintah berupa bantuan tunai pedagang kaki lima dan warung (BTPKLW).

Menurut Koptu Sungep, Babinsa Desa Beru Kecamatan Sarirejo, bahwa program tersebut yang kedua kalinya yang diluncurkan pemerintah melalui Tentara Nasional Indonesia (TNI) Khususnya Kodim 0812 Lamongan. Senin (28/03/2022).

“Kami menjalankan perintah pimpinan, dalam hal ini adalah Dandim 0812 Lamongan untuk melakukan pendataan BTPKLW di setiap wilayah teritorial masing-masing. Pedagang akan mendapatkan bantuan tambahan modal,” kata Koptu Sungep, disela pendataan program BTPKLW di kecamatan Sarirejo pada posmonews. com.

Koptu Sungep menambahkan, untuk warga yang akan mengajukan wajib memiliki usaha kecil (warung) maupun PKL yang ada di Desa Beru Kecamatan Sarirejo.

“Yang kami survei ini adalah warga yang memang sudah lama menjali usaha, kami di temani Ketua RT masing- masing wilayah untuk target warga Desa Beru Kecamatan Sarirejo sebanyak 440 pedagang,” tuturnya.

“Sementara, syarat pemohon BTPKLW wajib menyiapkan KTP elektronik dan kartu keluarga (KK),” jelasnya melanjutkan.

Di tempat terpisah, Ketua RT 02, RW 04, Sugeng mengatakan, ada sebanyak 40 warga yang telah mendaftar sementara program BTPKLW. Namun, sejumlah warga masih antusias untuk mendaftar.

“Kemungkinan masih banyak lagi yang mau mendaftar, soalnya warga di RW 04 begitu banyak dan yang usaha warung pun banyak,” pungkasnya.**(DANAR SP)