Polresta Malang Gelar Vaksinasi Lansia di Panti Jompo

150 dibaca

MALANG-POSMONEWS,-
Komitmen Polresta Malang Kota dalam membantu pemerintah terkait penanganan Pandemi Covid -19 terus dilakukan.

Mulai pemberian dan pendistribusian Bansos berupa alat kesehatan dan sembako yang menggandeng stake holder hingga pelaksanaan Vaksinasi.

Selasa (21/9) kemarin kembali Polresta Malang berkolaborasi  dengan Dinas Kesehatan menggelar kegiatan Vaksinasi Covid-19 secara door to door.

Dalam kegiatan tersebut, Polresta Malang Kota menyasar para lansia yang ada di Panti Jompo Yayasan Peduli Kasih Kisah Nyata dan Jeritan Hati (KNDJH), di Jl. Sekar Putih RT 5/RW 3, Kecamatan Kedungkandang.

Kapolresta Malang Kota, AKBP Budi Hermanto mengatakan, ada 15 lansia yang menjadi sasaran Vaksinasi Covid-19 secara door to door tersebut.

Dengan perincian, lima lansia merupakan penghuni Panti Jompo Yayasan Peduli Kasih KNDJH dan 10 lansia merupakan warga sekitar Panti Jompo Yayasan KNDJH.

Untuk jenis vaksinnya, Polresta Malang Kota menggunakan vaksin Sinovac.

“Kami bekerja sama dengan Dinkes Kota Malang, Camat Kedungkang, Koramil Kedungkandang, dan Polsek Kedungkandang,” ujar Kapolresta.

Pria yang akrab disapa Buher ini juga menjelaskan alasannya memilih para lansia di Panti Jompo Yayasan Peduli Kasih KNDJH sebagai sasaran vaksinasi Covid-19.

“Kami melihat keterbatasan mobilitas para lansia, untuk dibawa ke tempat Vaksinasi. Sehingga, kami datangi dan melaksanakan Vaksinasi di Panti Jompo ini,” terang Buher.

Ditambahkan, Vaksinasi Covid-19 door to door sangat perlu dilakukan. Agar herd immunity (kekebalan kelompok) di wilayah Kota Malang segera tercapai.

“Lalu untuk target bahwa level PPKM Kota Malang ini semakin baik, saat ini Kota Malang adalah level 2, dan segera ke level 1,” ujar Buher optimis.

Pihaknya juga berharap dengan cara, memaksimalkan vaksinasi pada lansia termasuk serbuan vaksin lain Wilayah Malang Kota khususnya bisa segera zona hijau.

Perwira menengah Polri yang tak pernah meninggalkan lukisan Ayam Jago ini juga menghimbau kepada seluruh masyarakat yang belum vaksin agar segera vaksin.

“Ada tiga kecamatan di Kota Malang, yaitu Kedungkandang, Sukun, Lowokwaru yang memang per kelurahan akan kami serbu untuk pelaksanaan vaksin harian,”jelas Buher.

Sementara itu, Ketua Yayasan Peduli Kasih KNDJH, Nur Miftahul Janna mengapresiasi secara positif kegiatan vaksinasi Covid-19 door to door pada lansia yang dilaksanakan oleh Polresta Malang.

“Harapan kami, para lansia yang mendapatkan vaksinasi bisa makin sehat dan tidak mudah terpapar Covid-19. Karena sebelum vaksinasi, kami selalu waswas ketika menerima kunjungan donatur, khawatir dengan imun para lansia. Namun setelah para lansia divaksin, kami sedikit merasa lega ketika menerima kunjungan dari donatur,”ungkap Nur Miftahul.

Selain melaksanakan vaksinasi Covid-19 door to door, Polresta Malang Kota juga memberikan bantuan kepada Yayasan Peduli Kasih KNDJH. Bantuan yang diberikan adalah sembako, peralatan mandi, makanan ringan, dan obat-obatan. **(hayan chandra)