Vaksin Ketiga bagi Nakes dan Guru Besar FKUI

192 dibaca

JAKARTA-POSMONEWS.COM,-
Kementerian Kesehatan RI, secara resmi memulai program vaksinasi COVID-19 dosis ketiga (booster) bagi 1,4 juta tenaga kesehatan di Indonesia pada Jumat (16/7/21).

Penyuntikan vaksinasi dimulai di RSCM dengan diikuti sebanyak 50 Guru Besar FKUI dan sejumlah dokter.

Pemberian vaksinasi booster kepada tenaga kesehatan, merupakan upaya untuk memberikan perlindungan yang optimal terhadap kesehatan dan keselamatan nakes saat bertugas memberikan pelayanan kepada pasien. Karena sebagai garda terdepan dalam penanganan pandemi, mereka sangat rentan terpapar COVID-19.

Vaksin yang digunakan adalah vaksin jenis Moderna. Vaksin COVID-19 Moderna secara resmi telah mendapatkan izin penggunaan darurat (Emergency Use Authorization) dari Badan POM pada Jumat, 2 Juli 2021. Dengan terbitnya EUA ini membuktikan bahwa vaksin tersebut aman, bermutu dan berkhasiat.

Sejauh pelaksanaan vaksinasi, dilaporkan tidak ada efek samping serius yang ditimbulkan. Para tenaga kesehatan vaksinasi mengaku tidak merasakan gejala maupun reaksi yang signifikan.

Setelah resmi dimulai hari ini, diharapkan penyuntikan vakin dosis ketiga (booster) bagi tenaga kesehatan ini, bisa segera dilaksanakan di seluruh daerah di Indonesia agar cepat selesai.
**(ahmad)