Sosialisasi UKW PWI, AJI dan IJTI

12 views

SURABAYA–POSMONEWS.COM,-Selain organisasi profesi wartawan, seperti PWI, AJI dan IJTI, perusahaan pers dan perguruan tinggi yang mempunyai Fakultas atau Prodi Komunikasi Jurnalistik, bisa menjadi lembaga uji, Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo), dalam rapat pleno Dewan Pers, 24 Mei 2021 lalu diputuskan sebagai lembaga UKW menyusul Jurusan Komunikasi FISIP Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), yang telah ditetapkan pada bulan Oktober tahun 2020.

Fikom Unitomo tercatat menjadi perguruan tinggi yang pertama dan satu-satunya di Jawa Timur, sebagai Lembaga UKW.

Sebagai tindaklanjutnya, Lembaga UKW Fikom Unitomo dan Jajaran Dekanat Fikom, Selasa (8/6/2021) siang tadi menggelar rapat gabungan untuk mensosialisasikan tentang subtansi dan pelaksanaan UKW kepada kalangan dosen dan tenaga administrasi.

Kebetulan dalam rapat tadi, saya diminta mendampingi penanggungjawab UKW Fikom Unitomo Eko Pamuji dan Dekan Fikom Unitomo Dr. Redi Panuju, untuk menyampaikan tentang dasar hukum, filosofi dan subtansi pelaksanaan UKW.

Program berikutnya adalah menggelar TOT Penguji dan Tenaga Administrasi dengan menghadirkan anggota Dewan Pers.

Nah setelah itu baru Lembaga UKW Fikom Unitomo bisa menggelar UKW mulai kelas wartawan Muda, Madya dan Utama.

Semoga lancar dan kehadiran lembaga UKW ini bisa mendorong kebebasan dan kemerdekaan Pers. Sehingga membuat wartawan makin profesional, independen dan kompeten.**(mud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here