Jokowi: Subsidi Pupuk Rp. 33 Triliun, Hasilnya Apa?

172 dibaca

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempertanyakan hasil dari subsidi pupuk yang besar. Jokowi menyebut subsidi pupuk mencapai Rp. 33 triliun.

“Pupuk. Saya jadi ingat pupuk. Berapa puluh tahun kita subsidi pupuk? Setahun berapa subsidi pupuk? Rp. 33 triliun setiap. Returnnya apa? Kembaliannya apa? Apakah produksi melompat naik? Rp. 33 triliun. Saya tanya kembaliannya apa? 5 tahun berapa? 10 tahun berapa triliun? Kalau 10 tahun sudah Rp. 330 triliun,” katanya saat membuka rapat kerja nasional pembangunan pertanian di Istana Negara, Senin (11/1/2021).

Presiden mengatakan bahwa angka itu besar sekali, sehingga menurutnya perlu ada evaluasi terkait hal ini.

“Bapak dan ibu angka itu besar sekali. Artinya tolong ini dievaluasi ini ada yang salah. Saya sudah berkali-kali meminta ini,” ungkapnya.

Jokowi menekankan bahwa pertanian Indonesia harus dibangun dalam skala yang luas. Kemudian juga teknologi pertanian juga harus diterapkan.

“Sehingga harga pokok produksinya nanti bisa bersaing dengan harga komoditas yang sama dari negara-negara lain. Ini baru namanya bener. Kalau tiap tahun kita mengeeluarkan subsidi pupuk seperti itu kemudian tidak ada lompatan di sisi produksinya ada yang salah. Ada yang enggak bener di situ,” pungkasnya.
(setneg/alam)