Pilkada Gresik, Dua Kubu Klaim Menang

259 dibaca

Pemilihan calon kepala daerah Kabupaten Gresik telah usai. Berbagai lembaga melakukan hitung cepat atau quick count. Kedua belah pihak sama-sama mengklaim menjadi pemenang Pilbup Gresik sementara.

Berdasarkan pantauan di lapangan, Pemkab Gresik melalui Bagian Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) melakukan hasil hitung cepat. Hasilnya di luar dugaan, hingga pukul 19.00 WIB, pasangan nomor dua Fandi Ahmad Yani dan Aminatun Habibah unggul perolehan suara sementara 367.459 suara atau 50,99 persen. Disusul pasangan Qosim-Alif memperoleh 353.169 suara atau 49,01 persen.

Tidak hanya menghimpun data suara yang masuk saja, Pemkab Gresik juga menghimpun tingkat partisipasi pemilih. Pada hasil hitungan sementara tingkat partisipasi pemilih di Kabupaten Gresik mencapai 80,62 persen. Hasil ini tentu diatas target KPU Kabupaten Gresik yang mentargetkan 72 persen pemilih.  Sementara itu, hingga berita ini ditulis total ada 2.255 TPS di Kabupaten Gresik dari 2.267 TPS yang sudah melaporkan data dan ada 12 TPS yang belum lapor.

Komisioner KPU Makmun berharap masyarakat tetap menunggu hasil rekapitulasi resmi dari KPU.

“Kami tidak berkomentar banyak hasil quick count. Silakan masyarakat tetap menunggu hasil resmi KPU. Jangan terlalu euforia dan tetap melaksanakan protokol kesehatan ketat,” kata Makmun dihubungi Radar Gresik, kemarin.

Sementara itu, perayaan kemenangan dilakukan oleh Niat di posko kemenangannya Desa Srembi Kecamatan Kebomas. Gus Yani dan Ning Ming bersujud sebagarai rasa syukur kemenangan mereka.

Ketua Tim Pemenangan Paslon Niat Khoirul Huda mengatakan, sesuai penghitungan real count formulir C1 pasangan unggul atas paslon QA.

“Kemenangan hasil real count formulir C1 ini patut disyukuri dan tetap dikawal sampai rekapitulasi di tingkat KPU,” kata Huda.

Atas perolehan suara ini dirinya juga menghimbau agar pendukungnya di tingkat bawah untuk terus menjaga suara sampai dilantik. Selain itu, tetap mengkedepankan protokol kesehatan (prokes) karena pandemi Covid-19 belum berakhir.

Sementara Cabup Gresik, Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) mengaku sujud syukur atas perolehan suara ini meski masih berdasarkan real count formulir C1.

“Mudah-mudahan ini menjadi semangat kita menuju perubahan Gresjk baru, dan menjadi rumah baru bagi masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, pasangan Qosim Alif mengklaim menang 50.58 persen. Sementara pasangan Niat meraih angka 49.42 persen. Ketua tim pemenangan paslon QA Imron Rosyadi mengatakan, jumlah TPS yang masuk mencapai 449 TPS. Jumlah TPS yang didata untuk sampling mendata ada 182.342 suara.

Saat mengikuti hitungan cepat, Pak Qosim menyatakan optimistis memenangkan pilkada walaupun tipis. “Untuk teman-teman relawan jangan terlalu euforia. Mari dikawal suara dan pastikan Qosim-Alif menang sampai dilantik,” tuturnya.

Sementara itu berdasarkan pantauan JTV, pukul 18.30 WIB, realcount yang digelar tim pemenangan QA, pasangan tersebut meraih 59 persen, sementara sisanya untuk pasangan Niat.

“Suara yang masuk sudah 100 persen, tentunya ini kabar gembira bagi pasangan QA dan Tim pemenangan. Tinggal dikawal terus hasil ini sampai ditetapkan KPU,” pungkasnya. (Radar Gresik)