Bangkitkan Jiwa Kepahlawanan di Tengah Pandemi Corona

140 dibaca

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengajak masyarakat untuk mengenang tokoh pejuang bangsa di momentum peringatan Hari Pahlawan 10 November 2020. Menurut Ma’ruf, jiwa pahlawan harus dibangkitkan untuk memperkokoh persatuan di tengah pandemi Corona (COVID-19).

“Sudah sepatutnya kita meneladani sikap terpuji para pahlawan yang memiliki semangat juang tinggi, pantang menyerah, tahan uji, rela berkorban, bersatu, dan cinta tanah air,” ungkap Ma’ruf dalam keterangan tertulis dari Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres), Selasa (10/11/2020).

Pada masa pandemi COVID-19 ini, Ma’ruf meminta masyarakat untuk membangkitkan jiwa pahlawan. Semangat ini diharapkan dapat memperkokoh persatuan bangsa.

“Di masa pandemi COVID-19 sekarang ini, mari bangkitkan jiwa kepahlawanan dalam diri kita dan perkokoh persatuan dan kesatuan,” ajak Ma’ruf.

Ma’ruf kemudian mengucapkan selamat Hari Pahlawan. Tak lupa, dia mengirimkan doa kepada para pahlawan kemerdekaan.

“Selamat Hari Pahlawan, teriring do’a bagi para pahlawan yang senantiasa menjadi panutan kita, semoga arwah mereka beristirahat dengan damai di sisi Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa,” jelasnya.

Untuk diketahui, Kementerian Sosial mengangkat tema ‘Pahlawanku Sepanjang Masa’ dalam peringatan Hari Pahlawan 2020. Tema ini diambil dengan pertimbangan bahwa di masa lalu ‘pahlawan’ identik dengan perjuangan melawan penjajah untuk meraih kemerdekaan Indonesia.

Namun di era sekarang ini, gelar ‘pahlawan’ bisa disematkan kepada mereka yang menjadi panutan karena mampu membawa perubahan serta memberikan kontribusi positif bagi Indonesia dalam berbagai sisi, dari segi ekonomi, sosial budaya, seni, politik, bahkan pariwisata dengan lingkup lokal hingga internasional.
(setneg/alam)