Dandim 0812 : Refleksi Berjuang dan Merdeka dari Pandemi Covid 19

206 dibaca

Upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke 75 menjadi moment Indonesia untuk bangkit. Semangat merdeka itu kini direfleksikan menjadi bentuk perjuangan agar terbebas dari Pandemi Covid 19.

Sebuah catatan penting saat upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT Kemerdekaan RI) Ke-75 di Kabupaten Lamongan, Senin (17/08), lalu. Meski dengan sederhana, dan khidmad, namun tetap menyesuaikan protokol kesehatan karena berada di situasi Pandemi Covid 19.

Jalannya upacara pengibaran sang saka Merah Putih pun tidak seperti biasanya, undangan, pasukan upacara, dan Paskibraka dihadirkan terbatas, karena dalam situasi pandemi Covid 19, namun pelaksanaanya tetap berjalan dengan tertib, lancar dan khidmad.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Lamongan H. Fadeli, SH., MM, Komandan Upacara Kapten Kav Sumaji (Danramil 0812/21 Kalitengah), petugas pengibar bendera merah putih dari Pasukan Pangibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Lamongan.

Hadir dalam Undangan antara lain, Dra. Hj. Kartika Hidayati, M.M., M.H.P. (Wakil Bupati Lamongan). Letkol Inf Sidik Wiyono, S.H., M.Tr.Han.(Dandim 0812/Lamongan). AKBP Harun, S.I.K., S.H.(Kapolres Lamongan). H. Abdul Ghofur, Lc., M.A (Ketua DPRD Kab. Lamongan). Agus Setiadi, SH.MH.(Kepala Kejaksaan Negeri Lamongan). Raden Ari Muladi, S.H.(Ketua Pengadilan Negeri Lamongan). Dr. H. Faizal Hasanudin (Ketua Pengadilan Agama Lamongan). Dr. Yuhronur Efendi, MBA (Sekda Kab. Lamongan). Mayor Arh. GN. Putu Ardana.S.S (Kasdim 0812/Lamongan). Mayor POM Robert Flan, SH (Kasubgar 0812 Lamongan). Kepala OPD Kab. Lamongan. KH. Aziz Khoiri (Ketua MUI Kab. Lamongan). Para PA Staf dan Danramil Kodim 0812/Lamongan. PJU (Pejabat Utama) Polres Lamongan dan Muspika Lamongan.

Inspektur upacara, H. Fadeli dengan suara lantang membacakan amanat Presiden Republik Indonesia, pada HUT Kemerdekaan RI ke 75 ini dengan mengambil Thema Indonesia Maju.

Usai upacara, posmonews. com dan insan pers berkesempatan bertemu Dandim 0812/Lamongan, Letkol Inf Sidik Wiyono, S.H., M.Tr.Han. Di sela-sela kesibukannya, ia pun memberi pernyataan, sebagai refleksi Hari Kemerdekaan tahun 2020 ini. Menurutnya, upacara HUT RI ke 75 di tengah masa pandemi Covid 19 ini dilaksanakan dengan sederhana, dengan undangan terbatas, namun bisa dilaksanakan dengan lancar dan khikmad.

Letkol Inf Sidik Wiyono, S.H., M.Tr.Han berharap di masa pandemi ini, sebagai pewaris penerus perjuangan para pahlawan, mampu mengimplementasikannya dengan berjuang untuk keluar dari Pandemi Covid 19 ini.

” Ya, kita siap dan fokus untuk memenuhi harapan pemerintah dalam mewujudkan Indonesia Sehat, Indonesia Bekerja dan Indonesia Maju. Melalui tanggung jawab profesi kita masing-masing, dalam mengabdi kepada Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai bersama ini, ” tegasnya.
DANAR SP