Spirit Bulan Kemerdekaan RI, Kodim 0812 Rehap TMP

115 dibaca

LAMONGAN-POSMONEWS.COM. Di momentum bulan Kemerdekaan Agustus 2020 ini, Kodim 0812 Lamongan bakal merehab puluhan makam pahlawan pejuang kemerdekaan yang gugur di medan perang.

Spirit ini sebagai wujud penghormatan terhadap jasa kusuma bangsa yg gugur dalam mengemban bhakti pada ibu pertiwi di jaman perang kemerdekaan.

Kegiatan rehap di Taman Makam Pahlawan (TMP) yang dilakukan oleh anggota Kodim 0812 ini sebagai bentuk kepedulian terhadap jasa para pahlawan. Mengacu pada filosofi mikul dhuwur mendhem jero, pada para patriot bangsa, anggota TNI dari Kodim 0812 merehab 22 makam yang ada di TMP Lamongan.

“Ini merupakan perwujudan kami yang bangga dan cinta tanah air, bangsa dan negar. Anggota Kodim 0812 Lamongan secara bergotong royong merehap pembangunan nisan Makam Pahlawan di (TMP) Kusuma bangsa yang berada di Jl pahlawan Kab Lamongan,” ujar Dandim Letkol Inf Sidik Wiyono, kemarin, Selasa (04/8)

Dandim memaparkan, momen Agustus yang merupakan bulan bersejarah, tonggak Kemerdekaan RI ini kita awali dengan kegiatan ini.

“Menghormati jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur mendahului kita itu sangatlah perlu. Dan juga rasa cinta tanah air, rasa bela negara harus selalu tertanam dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” paparnya.

Lebih jauh Dandim mengingatkan , kita harus selalu ingat bahwa kita sampai saat ini bisa menikmati kemerdekaan ini adalah hasil jerih payah dari para pejuang dahulu. “para pahlawan termasuk beliau-beliau yang rela berkorban jiwa dan raga. Perjuanganya mari kita teruskan dan kita amalkan kepada generasi kita,” pintanya.

Untuk diketahui , TNI Kodim 0812 bakal merehab 22 makam pahlawan.Saat ini sudah terselesaikan 17 makam dan rencana ke depannya , secara keseluruhan makam – makam para pahlawan nantinya akan direhap.

Selebihnya juga menyangkut perawatanya dan kebersihanya selalu diwujudkan dalam karya bakti TNI-AD. Wujud nyata penghormatan ini dilakukan agar selama ini tidak hanya pada saat acara protokoler saja.

“Sebagai pewaris perjuangan sudah menjadi hal wajib menanamkan nilai-nilai patriotisme, rasa cinta tanah air dan rasa bela negera tersebut pada kehidupan kita sehari-hari.” tukas Dandim 0812.
(DANAR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here