Kodim 0812, Angkat Citra Pencak Silat

334 dibaca

LAMONGAN-POSMONEWS.COM
Seni beladiri pencak silat di Lamongan memiliki pengikut cukup banyak. Potensi ini yang memunculkan ide Dandim 0812 Lamongan, Letkol Inf Sidik Wiyono, S.H., M.Tr.Han menghelat Festival Pagelaran Pencak Silat dalam rangka Komsos Kreatif. Tujuannya selain melestarikan budaya warisan leluhur bangsa sekaligus sebagai sarana menjaga persatuan dan kesatuan.

Seni beladiri pencak silat sebagai salah satu seni bela diri, merupakan tradisi khas Indonesia yang telah ada dari generasi ke generasi. Karena itulah setiap tokoh di negeri ini harus bisa menginspirasi bagaimana melestarikan tradisi pencak silat.
Banyak hal yang perlu dilakukan untuk melindungi, mengembangkan, dan memanfaatkan tradisi pencak silat bagi kepentingan pendidikan, penguatan jati diri, dan memperkuat eksistensi Indonesia di dunia internasional.

Kepedulian untuk melestarikan seni budaya bangsa serta mencetak generasi penerus bangsa khususnya bidang seni beladiri pencak silat, Kodim 0812 Lamongan bekerja sama dengan IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia), menggelar acara festival pagelaran pencak silat dalam rangka Komsos Kreatif.

Event yang digelar di aula Kadetsuwoko Kodim 0812 Lamongan, Selasa (21/07)
Saat membuka acara, Dandim 0812 Lamongan Letkol Inf Sidik Wiyono, S.H., M.Tr.Han mengatakan, Komsos kreatif dengan pagelaran seni beladiri pencak silat tradisional merupakan salah satu upaya dalam melestarikan budaya bangsa. Caranya adalah dengan bisa merangkul perguruan pencak silat, para pendekar bersama murid-muridnya agar bisa bersatu sebagai satu kekuatan bangsa.

“Saya yakin bahkan dengan pencak silat ini menjadi salah satu alat pemersatu bangsa, Nusantara. Dan juga kita bangga karena pencak sila telah menjadi identitas bangsa dan kini sudah dipertandingkan di skala internasional,” katanya.
Wawasan Dandim 0812/Lamongan, Letkol Inf Sidik Wiyono mengikut sertakan peran para pendekar dari beberapa perguruan Pencak Silat di wilayah teritorialnya ini patut dicontoh.

Menurut Dandim, selain bisa mengangkat citra pencak silat dim Lamongan, juga menjadi alat utama pemersatu bangsa sekaligus menjadi ikon jati diri bangsa. “Pencak Silat juga menjadi event bertaraf Internasional,” tegasnya.

Adapun dalam melaksanakan fungsi utama dari pembinaan teritorial, aplikasinya yaitu melaksanakan koordinasi dengan pemerintah daerah, KONI dan perguruan pencak silat dalam rangka pembinaan beladiri pencak silat tradisional yang ada di wilayah Kodim 0812 Lamongan.

Dengan kegiatan Komsos Kreatif ini juga mampu meningkatkan motivasi dalam rangka membentuk sumber daya manusia kreatif, inovatif dan adaftif.
(DANAR)